Dinkes Siapkan Pos Kesehatan Untuk Korban Luapan Air Danau Tondano

Tondano, Fajarmanado.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa akhirnya mendirikan pos kesehatan diareal pemukiman yang tergenang akibat luapan danau Tondano. Pendirian pos ini sekaligus menjawab keinginan masyarakat yang rumahnya saat ini tergenang air.

Kepala Dinkes dr Juliana Kaunang MKes mengatakan jika pihaknya telah menyediakan pos kesehatan keliling yang bersiaga di lokasi yang terkena dampak luapan.

“Saat ini sudah ada pos kesehatan keliling dari Dinkes untuk membantu masyarakat yang rumahnya tergenang air luapan Danau Tondano. Jadi, pos tersebut lengkap dengan petugas dan peralatan medisnya,” ujar Kaunang Siang (7/6/2017) .

Lanjutnya, jika ada masyarkaat yang terserang penyakit, segera ke pos kesehatan tersebut. Untuk biaya pengobatan menurutnya tidak usah dipikirkan karena pelayanan di pos kesehatan tersebut gratis alias tidak dipungut biaya. “Jadi saya tegaskan bahwa pelayanan kesehatan ini gratis,” tegas Kaunang.

Kaunang menambahkan, penyakit yang rentan menyerang masyarakat di wilayah yang tergenang air, adalah diare dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Karena itu, berusahalah menerapkan gaya hidup sehat supaya daya tahan tubuh tetap terjaga.

“Memang sampai saat ini kami belum mendapat laporan terkait jenis-jenis penyakit yang menyerang masyarakat yang rumahnya tergenang air. Namun demikian, kami tetap melakukan langkah-langkah antisipatif,” jelasnya.

Diektahui, sejumlah wilayah seperti Kelurahan Tolour, Roong Kecamatan Todano Timur dan beberapa tempat di Kecamatan Kakas, Remboken bahkan Eris, terkena dampak atas meluapnya air Danau Tondano akibat intensitas curah hujan tinggi.

Penulis : Fisher Wakulu

Editor : Joel Polutu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *