Tangkal Aksi Teror di Mitra, Sumendap Berlakukan Siskamling

Ratahan, Fajarmanado.com – Mengantisipasi aksi teror kelompok radikal akhir-akhir  ini, seperti di Marawi City, Filipina Selatan, Bupati James Sumendap SH memberlakukan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di semua wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

“Terkait kejadian-kejadian aksi teror dari kelompok radikal, maka persatu 1 Juni 2017, di Kabupaten Minahasa Tenggara harus mulai diberlakukan Siskamling,” ujar Bupati James Sumendap, di Ratahan, Selasa (30/5/2017), saat acara pelantikan pengurus Laskar Manguni Indonesia (LMI).

Menurutnya, Siskamling tersebut akan diberlakukan disetiap desa, kelurahan. Setiap warga wajib untuk ikut berpartisipasi. “Selain tokoh agama, semua warga wajib berpartisipasi dalam jaga malam ini,” tegasnya.

Dikatakannya juga, baik pejabat kepala dinas, kepala badan, camat, serta anggota dewan bahkan dirinya sendiri akan terlibat untuk jaga malam, sebagai wujud warga indonesia yang baik. “Pejabat, anggota dewan pun wajib untuk ikut jaga malam termasuk saya sendiri akan mendapat giliran jaga malam,” terangnya.

Ditambahkannya, Siskamling ini diberlakukan untuk menciptakan rasa aman untuk warga Mitra, dan diberlakukan selama satu tahun.

Selain itu, katanya, semua pendatang atau tamu wajib melaporkan diri di mana dia menginap selama 1×24 jam. Selain itu, pemerintah desa dan kelurahan harus bersikap proaktif menanyakan identitas kepada setiap pendatang.

“Jika mencurigakan bawa saja kepada pihak berwajib untuk diselidiki,” ujarnya.

(geri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *