oleh

Longsor Digunung Potong Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Ratahan, Fajarmanado.com – Hampir seharian longsor di gunung potong, perbatasan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dan Kabupaten Minahasa yang menutupi badan jalan dan tidak bisa dilalui kendaraan, akhirnya, Jumat (5/5/2017),  sore tadi sudah bisa dilalui.

Walaupun dalam pantawan Fajaramanado akses jalan yang digunakan masih satu jalur, akibat material longsor lainnya masih sementara dibersihkan tapi sudah bisa dilalui kendaraan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Minahasa Tenggara (BPBD Mitra) Ferry Uway menjelaskan, butuh kerja ekstra berjam-jam untuk membersihkan material longsor.

“Alat yang kami turungkan hanya satu, sehingga butuk waktu berjam-jam untuk membersihkan material tanah yang menumpuk sekira satu tiang listrik tersebut,” jelasnya.

Baca Juga :  Sumendap Sebut Solid Dan Disiplin Kunci Kemenangan Pilkada

Menurutnya, meskipun akses jala yang bisa dilalui untuk sementara satu arah, paling tidak akses jalan yang berada digunung potong tersebut sudah bisa dilalui kendaraan. “Kendaraan yang melintasi longsor tersebut sementara harus satu persatu, dikarenakan masih ada material longsor lainnya yang menumpuk yang harus dibersihkan lagi, pada intinnya, kendaraan harus antri untuk meluntas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Uway menjelaskan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas PUPR untuk membereskan sisa material tanah yang masih menutupi sebagian badan jalan tersebut.

Baca Juga :  Sumendap Teken MoU Dengan Bank SulutGo

“Karena jalan baru terbuka dan berbecek, pengendara dihimbau hati-hati agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Ruas jalan penghubung utama Minahasa dan Mitra sempat putus akibat longsoran tanah dari tebing bekas cuttingan pelebaran jalan pada Kamis (04/05/2017). Longsor menyebabkan banyak ASN yang tinggal di Manado, Tomohon dan Minahasa tertahan dan  tak bisa mengikuti apel pagi. “Terpaksa kami apel di sini,” celetuk ASN, yang mengaku terpaksa absen ikut apel pagi.

(geri)

News Feed