oleh

Dewan Tomohon Miliki Tatib Baru, Pemkot Perda Rabies

Tomohon, Fajarmanado.com – Setelah melalui tahapan pembahasan, akhirnya Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon memiliki Perda tentang pengendalian dan penanggulangan rabies, Kamis (04/05/2017).

Pengesahan Perda tentang Rabies ini dilakukan bersamaan dengan penetapan Peraturan DPRD Kota Tomohon Nomor  1 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan DPRD Kota Tomohon Nomor 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib DPRD Kota Tomohon melalui sidang paripurna di Gedung DPRD Kota Tomohon.

Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua Ir Miky Junita Wenur bersama dua wakil ketuanya, Carrol Senduk, SH dan Youdy Moningka, SIP dan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan dan unsur Forkopimda.

Baca Juga :  SAS Hadiri Pelantikan Moeldoko sebagai Ketum HKTI

Sebelum ditetapkan, paripurna diawali dengan laporan Pansus dan penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap dua Ranperda tersebut, yang pada prinsipnya menyetujui menetapkannya menjadi Perda.

Wawali Sompotan mengatakan, dalam membahas Ranperda tentang Pengendalian dan Penanggulangan Rabies, maka menjadi satu hal yang perlu diperhatikan adalah peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

“Untuk Ranperda ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2014 tentang Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Hewan,” jelas SAS, sapaan familiar Wawali Tomohon ini.

Baca Juga :  Wawali SAS Pantau Pos Check Point Corona Pintu Masuk Kota Tomohon

SAS mengatakan, pihak eksekutif patut memberikan apresiasi atas perhatian dan keseriusan jajaran dewan kota yang telah bekerja keras dalam rangka pembahasan terhadap Ranperda ini.

Rapat paripurna yang diakhiri dengan penandatanganan dan penyerahan naskah Perda tersebut, juga dihadiri Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Jubert Nixon Purnama, STh, Mewakil Kajari Tomohon Jaksa Fungsional Intelijen Deri Rachman, Kasat Intelkam AKP Kilion Landangkasiang, para pejabat Pemkot serta camat dan lurah se- Kota Tomohon.

(prokla)

News Feed