Bupati Tetty Menjadi Irup Dua Acara Nasional Tahun 2017

Amurang, Fajarmanado.com – Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE menjadi Inspektur Upacara (Irup) dua acara nasional tahun 2017 di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Selasa (02/05/2017).

Upacara digelar bersamaan di lapangan Kantor Bupati Minsel, Amurang itu adalah Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-21 tahun 2017 dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2017, dihadiri segenap ASN Pemkab Minsel.

Membaca amanat Mendagri Tjahjo Kumolo, Bupati  mengatakan peringatan Hari Otda ke 21 merupakan momentum mengevaluasi perkembangan kinerja pelaksanaan otonomi daerah pada masing-masing daerah otonom.

‘’Setiap pemerintah daerah harus senantiasa berupaya untuk meningkatkan kinerja yang telah dicapai, seraya mengatasi berbagai hambatan dalam pelaksanaan otonomi daerah,’’  ujar Tetty, sapaan familiar Bupati Minsel pilihan rakyat dua periode ini.

Dikatakannya, dalam pelaksanaan otonomi daerah, pemerintah daerah harus senantiasa fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan public, peningkatan pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan daya saing perekonomian daerah.

Tema Hari Otonomi Daerah ke-21 tahun 2017 adalah “Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik Melalui E-Government“.

Tema ini memiliki empat makna pokok. Pertama, pelaksanaan Otonomi Daerah harus mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat.

Ke dua, upaya peningkatan kinerja pelayanan publik, harus dikelola berbasis teknologi informasi dan komunikasi atau electronic-government, agar masyarakat dapat memperoleh informasi secara mudah, cepat, dan tepat tentang prosedur pelayanan publik yang disediakan Pemerintah Daerah.

Ke tiga, ketepatan penyediaan pelayanan publik berbasis electronic-government, membutuhkan kemampuan dan integritas yang tinggi dari setiap aparatur Pemerintah Daerah.

Ke empat adalah upaya peningkatan kinerja pelayanan publik berbasis electronic-government, akan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik (atau good local governance) dan aparatur pemerintah daerah yang bersih atau clean local government.

‘’Dengan demikian, harapannya apapun yang sedang kita lakukan di Hari Otda ke-21 tahun 2017, akan banyak manfaat bagi kelangsungan kita semua,’’ tegas bupati.

Memperingati Hardiknas 2017,  Bupati Tetty berharap jajarannya berkomitmen untuk semakin memantapkan banyak hal demi kelangsungan pendidikan di Minsel.

“Saya berharap, pendidikan di Minsel akan lebih maju lagi. Guru-guru harus semakin meningkatkan kwalitas mengajar, termasuk menempa dan membangun karakter siswa agar bisa menghasilkan generasi yang berahlak, berbudipekerti dan berkwalitas intelektual,” pungkasnya.

(andries)