oleh

Pemilihan Hukum Tua Serentak di Minahasa Tenang Namun Tegang

Tondano, Fajarmanado.com – Hari ini (25/04/2017), sedang berlangsung pemilihan hukum tua (pihut) secara serentak di Minahasa. Tercatat ada 50 desa yang menggelar pilhut. Secara keseluruhan suasana menjelang dan memasuki hari-H pelaksanaan pilhut, suasananya tenang namun tegang. Tenang dengan melihat situasi yang kondusif, namun tegang karena para pendukung was-was menunggu hasil pilhut. Pada sore hingga malam hari ini, hasil pilhut dapat segera diketahui.

Dari pantauan Fajarmanado.com di sejumlah desa yang menggelar pilhut, khususnya di beberapa desa di Langowan Raya, suasananya cukup kondusif. Terlihat kendaraan para pendukung lalu-lalang mengumpulkan pendukungnya, dimana di setiap kendaraan ditempelkan stiker calon dengan nomor urutnya.

Satu hal yang positif di setiap desa penyelenggara, tidak terlihat pendirian bangsal di rumah calon, maupun di tempat-tempat tertentu. Hal ini berkaitan dengan ketegasan panitia pilhut dan Pemkab Minahasa yang melarang calon mengumpulkan masa atau mendirikan bangsal, karena bisa didiskualifikasi.

Khusus di Langowan Raya yang menggelar pilhut, masing-masing, Desa Amongena Satu, Karondoroan, Teep, Karumenga, Taraitak, Paslaten, Koyawas, Tounelet, Raringis, Temboan, Kaayuran Bawah, Kawatak, dan Rumbia. Namun di Rumbia tidak ada yang mencalonkan diri.

Dari beberapa gelaran pilhut, banyak yang cukup unik. Seperti yang terjadi di Desa Amongena Satu Kecamatan Langowan Timur. Ketiga calon hukum tua semuanya bersaudara. Ketiga calon tersebut masing-masing, Ernest Memah (nomor urut 1), Elike Makal (nomor urut 2), dan Belly Memah (nomor urut 3). Calon Ernest Memah merupakan paman dari Belly Memah. Sedangkan Elike Makal, salah satu keponakannya menikah dengan adik dari Bely Memah. “Jadi ketiga calon ini semuanya bersaudara,” ujar Jopi Raturandang, warga Amongena Satu.

Begitu pula di Desa Tounelet Kecamatan Langowan Barat, dimana persaingan antarkandidat diwarnai dengan tampilnya dua mantan Hukum Tua yang akan bertarung dengan Hukum Tua petahana, serta satu calon muka baru. Kedua mantan hukum tua itu adalah RH Kumolontang dan Djoni Tambuwun. Sedang sebagai petahana Johnny Mumu. Sementara wajah baru ada James Tuju SSos.

Camat Langowan Barat Ir Lendy Aruperes, Camat Langowan Timur Ir Sisca Maseo, MAP dan Camat Langowan Utara Drs Teddy Sumual, serta Camat Langowan Selatan Drs Dolfi Tumangkeng
yang dihubung secara terpisah, menyatakan kesiapan pilhut di masing-masing wilayahnya.

Begitu pula Kapolsek Langowan Timur AKP Ferdy Pelengkahu dan Kapolsek Langowan Barat Iptu Stenly Korua, menyatakan siap melaksanakan pengamanan di desa-desa yang menyelenggarakan pilhut.

Inilah 50 Desa di Minahasa yang menggelar Pilhut:
Kecamatan Lembean Timur
1. Watulaney
2. Kayuroya
3. Seretan
Kecamatan Tombariri
4.Tambala
5. Borgo
6. Mokupa
Kecamatan Eris
7. Telap
8. Watumea
Kecamatan Kombi
9. Lalumpe
Kecamatan Kakas
10. Kayuwatu
11. Rinondor
12. Pahaleten
13. Kaweng
Kecamatan Remboken
14. Tampusu
Kecamatan Langowan Timur
15. Karondoran
16. Amongena I
17. Teep
Kecamatan Langowan Barat
18. Raringis
19. Koyawas
20. Paslaten
21. Tounelet
Kecamatan Sonder
22. Leilem
23. Tounelet
Kecamatan Pineleng
24. Pineleng II
25. Kali
Kecamatan Tompaso
26. Kamanga
27. Sendangan
28. Tempok
29. Tember
Kecamatan Tombulu
30. Kembes I
31. Tombuluan
32. Suluan
33. Kamangta
Kecamatan Langowan Utara
34. Taraitak
35. Karumenga
Kecamatan Langowan Selatan
36. Temboan
37. Kaayuran Bawah
38. Kawatak
39. Rumbia
Kecamatan Kakas Barat
40. Kalawiran
41. Bukit Tinggi
42. Wasian
Kecamatan Kawangkoan Barat
43. Ranolambot
44. Tombasian Atas
Kecamatan Kawangkoan Utara
45. Kiawa I
Kecamatan Mandolang
46. Kalasey Dua
47. Tateli Weru
Kecamatan Tombariri Timur
48. Agotey
49. Lemoh
Kecamatan Tondano Utara
50. Tonsea Lama

Jeffry Th. Pay

News Feed