Beri Kuliah Umum di IAIN Manado, Wapres : Islam Indonesia Itu Moderat

Manado, Fajarmanado.com – Usai membuka acara Pekan Kerukunan Nasional di Hotel Peninsula Manado, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memberikan kuliah umum di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, yang terletak di Jalan Ring Road, Perkamil Manado, Minggu (23/4/2017).

Di depan ratusan mahasiswa dan dosen, Wapres mengungkapkan, saat ini ada 50 kampus IAIN yang tersebar di seluruh Indonesia. Kalau dibandingkan dengan jumlah penduduk, maka dalam 5 juta penduduk terdapat 1 lembaga Pendidikan Tinggi Islam.

“Kenapa (IAIN) itu dibutuhkan, karena Islam itu mengikuti jaman. Islam di Indonesia itu moderat di mana dapat hidup berdampingan dengan agama yang lain,” tegas Wapres.

Wapres mengingatkan,  untuk belajar agama Islam tidak perlu jauh-jauh. Di Indonesia ada tempatnya yaitu IAIN. Oleh karena itu,  Wapres mengingatkan mutu pendidikannya harus ditingkatkan dan lebih baik lagi. “Dibutuhkan suasana keilmuan dan suasana pembelajaran yang lebih baik,” tambahnya.

Wapres juga menilai hubungan antaragama di Sulut sangat baik. Meski Sulut diapit oleh daerah konflik namun kerukunan antarumat beragama di daerah ini terus terjaga dengan baik dan kondusif sehingga tidak ikut-ikutan terjadi konfilk horisontal.

Oleh karena itu, Jusuf Kalla mengingatkan kepada semua pihak agar selalu menghormati perbedaan. “Jangan perbedaan menimbulkan kebencian, dan kita harus mengembangkan persamaan-persamaan,” ujarnya.

Sementara itu Rektor IAIN Rufina Hunibala sangat mengapresiasi kedatangan Wapres bersama Ibu di kampusnya. Menurutnya, kunjungan Wapres ini merupakan perdana semenjak Kampus IAIN ini berdiri.

Dijelaskannya, cikal bakal IAIN Manado adalah IAIN Sulut yang berkembang menjadi Fakultas Syariah IAIN Alauddin Makassar dan bertransformasi menjadi STAIN tahun 1997 dan kembali menjadi IAIN Manado tahun 2014 hingga saat ini. Kini IAIN Manado memiliki 17 program studi yang tersebar di 4 fakultas.

Pada kesempatan itu, Wapres  meresmikan Mesjid Al Jamiah Kampus IAIN yang terletak di pintu masuk Kampus IAIN Manado.Usai peresmian mesjid Kampus IAIN, Wapres bersama rombongan kembali bertolak menuju Jakarta.

Kunjungan Wapres di IAIN kali ini juga didampingi oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Forkopimda lainnya diantaranya Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Bambang Waskito, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito dan sejumlah pejabat Sulut lainnya.
(ton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *