Sosialisasi Renstra, BURT DPR RI Kunjungi Sulut

Manado, Fajarmanado.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE menerima Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) di Forum Group Discussion (FGD) dalam rangka.

Ketua Tim Sosialisasi, Agung Budi Santoso mengapresiasi Gubernur karena bersikap terbuka menerima kunjungan BURT yang adalah alat kelengkapan dewan bersifat total dan secara profesional menangani urusan fraksi.

Agung, yang juga Wakil Ketua  Fraksi Demokrat mengatakan, sosialisasi Renstra tahun 2015- 2019 perlu dilakukan kepada seluruh pemangku kepentingaan,  untuk menyebarluaaskan, menjelaskan yang objektif kepada DPR, menyerap aspirasi dari para pemangku kepentingan.

Renstra, katanya, dibentuk sesuai amanat UU Nomor 25 tahun 2014 tentang sistem perencanaan nasional. “Makanya kami menginginkan masukan atau kritikan dalam rangka memperbaiki Renstra kedepan yang sangat baik, diketahui ini merupakan renstra yang kedua,” tutup Agung didampingi sejumlah anggota dari PDI P, Golkar, Gerindra, PKS dan Demokrat.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly menjelaskan, posisi Provinsi Sulut secara Georafis berada di kawasan perbatasan Filipina dan Geoposisi berada dibibir Pasifik (Pacifik Rim).

Posisi ini sangat prospektif untuk perdagangan regional, nasional maupun international sebagai jalur perdagangan dunia dan distribusi barang dan jasa. Sulut, katanya, memiliki potensi yang melimpah dari sektor perikanan  kelautan, pertanian, perkebunan dan pariwisata.

Ia mengatakan, di sektor pariwisata, kunjungan para turis sudah sudah mencapai 100 ribu lebih dan berdampak pada ekonomi Indonesia dan khususnya di Sulut.

“Saya kira hal-hal seperti inilah menjadi target Sulut untuk mendorong, sehingga bapak Ibu bisa membantu menyuarakan kepada pemerintah pusat,” ujar Olly.

Gubernur juga mengungkapkan, saat ini ada 6 proyek strategis nasional di daerah ini, yakni Bendungan Lolak Bolmong,  Bendungan Kuwil Minahasa Utara, Jalan Tol Minahasa Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung ,International Hub Port, Jalan dan Penghubung Manado-Gorontalo.

(ton/ely)