oleh

Mantiri : Harus Tuntaskan Penyakit TB di Kota Bitung

Bitung, Fajarmanado.com – Wakil Wali Kota (Wawali) Bitung Ir Maurits Mantiri mengatakan, jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, terutama Dinas Kesehatan supaya terus  bekerja keras menuntaskan penyakit Tuberculosis (TB) di Kota Bitung.

“Penyakit ini masih menjadi penyakit yang berbahaya dan menjadi penyebab kematian terbesar di dunia,” kata Mantiri dalam acara memperingati Hari TB di Kota Bitung.

Hal tersebut disampaikan Mantiri ketika bersama Wakil Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny. Rita Mantiri Tangkudung menghadiri kegiatan Bitung Car Free Day (CFD) yang dirangkaikan Hari Tubercolosis (TB) Sedunia, Sabtu (25/03).

Menurut Mantiri, penyakit TB masih menjadi masalah besar di sebagian besar negara di dunia dan masih belum dapat terkendali. Karena itu, program TB harus dilaksanakan secara berkesinambungan mulai dari penjaringan suspek, pengobatan sampai pada penyebuhannya.

Wawali mengatakan, keberhasilan kegiatan ini haruslah ditunjang dengan kemampuan petugas, keterlibatan semua sektor, antara lain sektor pendidikan, agama dan perumahan.

“Tentunya agar semua masyarakat dapat berperan aktif juga dalam mewujudkan tujuan program pengendalian TB,” kata Mantiri.

Mantiri mengingatkan, dinas kesehatan agar secara periodik dapat melaporkan hasil evaluasi pengendalian penyakit TB di Kota Bitung, agar dapat menekan perkembangan penyakit tersebut dari waktu ke waktu.

(risma tofan)

News Feed