Bertekad Bangun Tahura, Pemkot Tomohon Kunjungi Kota Bandung

Tomohon, Fajarmanado.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon bertekad membangun Taman Hutan Raya (Tahura). Untuk itu, Wali Kota Jimmy Feldie Eman, SE.Ak dan Wawali Syerly Adelyn Sompotan (JFE-SAS) mengunjungi Kota Bandung, Jawa Barat.

Ditemani sejumlah pejabat terasnya, JFE-SAS menyambangi Tahura Ir H Juanda, Kamis (09/03), hari ini. Rombongan diterima oleh Kepala Balai Pengelolaan Tahura Ir. H. Juanda,  Ir. Lianda Lubis dan Sekretaris Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Barat Budi Juanda, beserta jajaran.

Dialog yang berlangsung akrab itu, Wali Kota Eman mengungkapkan niat Pemkot Tomohon untuk mengembangkan dan membangun Tahura di kota multi dimensi yang dipimpinnya ini.

“Kota Bandung punya kemiripan dengan kota kami, Tomohon sehingga kami merasa tepat untuk datang melihat langsung, sekaligus belajar membangun Tahura yang dikenal bagus di Kota Bandung ini,” ujarnya.

Wali Kota menjelaskan, Pemkot Tomohon berencana membangun Tahura di kawasan Gunung Mahawu, yang keberadaannya relatif mirip dengan lokasi Tahura Kota Bandung.

Program membangun Tahura, kata dia, selain sebagai kawasan konservasi Hutan, juga dapat menjadi lokasi penelitian dan pengembangan di bidang kehutanan dan destinasi wisata alam di Kota Tomohon di masa datang.

Kepala Balai, Pengelola TAHURA Ir. H. Juanda,  Ir. Lianda Lubis mengapresiasi kunjungan Pemkot Tomohon. Kedatangan rombongan untuk belajar mengembangkan dan mengelola  Tahura adalah suatu kebanggaan.

Sebelum melakukan kunjungan ke dalam kewasan Tahura, Lubis juga mempresentasikan keberadaan Tahura, termasuk kiat-kiat yang dilakukan sehingga Tahura bisa diwujudkan dan dikelola dengan baik sampai  dengan saat ini.

Lubis mengungkapkan pula kehadiran Tahura di Kota Bandung telah memberikan multiplayer effect bagi perekonomian masyarakat sekitar. Sesuai data, katanya, perputaran uang di kompleks Tahura mencapai Rp 14 milyar dalam satu tahun.

“Sedangkan pendapatan karcis masuk Tahura mencapai 7 mMilyar rupiah per tahu,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Eman dan Sompotan  berharap apa yang telah dicapai oleh Kota Bandung dalam pengelolaan Tahura juga dapat diwujudkan Kota Tomohon ketika  memiliki Tahura nanti.

Eman kemudian menginstruksikan kepada perangkat daerah terkait untuk menindaklanjuti hasil kunjungan kerja ini sehingga kerinduan untuk memiliki Tahura dapat secepatnya terealisasi.

“Semua ini kita kalukan semata-mata adalah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan fasilitas-fasilitas umum,” ujarnya.

Hadir mendampingi  Wali Kota dan Wawali, antara lain, Asisten II, Ronny S Lumowa, SSos, MSi, Kadis Lingkungan Hidup ODS Mandagi, Kadis Pariwisata Masna Pioh, Kadis Perkim Enos Pontororing, Kadis Pertanian Vonny Pontoh dan staf ahli AJ Tulus serta Kabag Humas Christo Kalumata, SSTP.

(prokla)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *