oleh

Pemkot Tomohon Launching Pembayaran Gaji THL Layaknya ASN

Tomohon, Fajarmanado.com – Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman, SE.Ak dan Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan melanuching pembayaran gaji Tenaga Harian Lepas (THL) layaknya aparatur sipil negara (ASN) di halaman Kantor Wali Kota, Jumat (4/3) pagi tadi.

Pembayaran gaji perdana pegawai tenaga kontrak Pemkot Tomohon melalui bank tersebut dilaksanakan seusai jalan sehat bersama Wali Kota dan Wawali bersama  jajaran Pemkot Tomohon, Bank SulutGo, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Selain pembayaran gaji melalui Bank SulutGo, juga dilakukan pemberian jaminan sosial melalui kepesertaan pada Jaminan Sosial Nasional dengan fasilitas BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Selain proses pembayaran gaji secara online, acara diwarnai pula dengan penyerahan kartu Jaminan Kesehatan Nasional(JKN) Kartu Indonesia Sehat(KIS), Kartu keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan dan tabungan bagi setip Tenaga Kontrak secara simbolis.

Baca Juga :  Wawali SAS Pantau Pos Check Point Corona Pintu Masuk Kota Tomohon

Wali Kota Eman dalam sambutannya mengungkapkan, langkah ini bisa merupakan percontohan di Orivinbsi Sulawesi Utara (Sulut)  karena Tomohon adalah yang pertama kali melakukannya.

“Untuk BPJS Ketenagakerjaan dicover 100% oleh Pemkot, sedangkan untuk BPJS Kesehatan diupayakan seluruh masyarakat Tomohon bisa teratasi,” jelas Eman.

Eman juga mengatakan, dari total jumlah masyarakat sekira 90% telah difasilitasi BPJS Kesehatan. Makanya dalam tahun ini, katanya, Pemkot akan semakin memaksimalkan program pelayanan publik.

Sementara itu, Kepala Divisi Regional X BPJS Kesehatan dr. I Made Pujayasa, AAK menilai langkah konkret ini merupkan bukti perhatian pemerintah akan kesejahteraan para aparatnya sendiri.

Menurut Pujayasa, Tomohon memang menjadi yang pertama melakukan program jaminan sosial bagi THL, yang merupakan tindaklanjut dari program jaminan finansial telah tercantum dalam RPJMN terkait kesejahteraan tenaga kerja.

Baca Juga :  Putus Kontrak dengan BPJS Kesehatan, Begini Langkah Pemkab Minahasa

Jalan sehat dan launching dua kegiatan terobosan terbaru Pemkot Tomohon tersebut,  dilanjutkan dengan Ibadah bersama di Aula Lantai 3 Kantor Walikota.

Tampak ikut hadir, pimpinan Bank SulutGo Cabang Tomohon Mareyke Togas, SE, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Manado Nasarullah, SE.MM, Ketua DPRD Tomohon Ir. Miky Wenur, Sekkot Ir. Harold V. Lolowang, MSc, juga pasangan selebritis Asmirandah dan Jonas Rivanno.

Selain mereka, ibadah turut dihadiri pula jajaran Pemerintah Kota Tomohon, seluruh staf BPJS Kesehatan, Staf BPJS Ketenagakerjaan, Staf Bank SulutGo Cabang Tomohon.

(prokla)

News Feed