oleh

Bus Sekolah Rusak, Warga Amurang Sesalkan Dishubkominfo

Amurang, Fajarmanado.com – Warga Kota Amurang raya, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menyoroti alih fungsi dua unit bus sekolah bantuan pemerintah pusat. Berdalih tak didukung biaya operasional dan perawatan ke dua bus itu pun kini dinyatakan telah rusak.

Ke dua bus tersebut kini diparkir pada sebuah garasi milik Dinas Perhubungan, yang sebelum OPD baru, bernama Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Minsel di Amurang.

Ketika diserahkan beberapa tahun lalu, ke dua bus warna kuning yang bertuliskan Bus Sekolah tersebut sempat mengangkut para siswa dalam Kota Amurang. Tak berselang beberapa lama, ke dua bus tersebut tidak lagi digunakan mengangkut siswa tapi menjadi layak angkutan umum atau angkutan sewa.

“Ketika ditanya kepada sopirnya, mereka beralasan tidak ada biaya operasional lagi,” ungkap Ketua LSM Bangkit Indonesia Cabang Minsel Djohny Pojoh kepada Fajarmanado.com di Amurang, Selasa (31/1/2017).

Baca Juga :  Diskominfo Tomohon dan BPJS Teken Kerjasama Publikasi JKN-KIS

Pojoh pun menyesalkan kebijakan sepihak dari instansi teknis pengelola bus bantuan khusus bagi para siswa tersebut. “Harusnya digunakan sesuai peruntukan. Bukan karena menjadi kewenangannya sehingga Dinas Perhubungan mengoprasikannya sesuai keinginan mereka,” paparnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, lanjut dia, ke dua bus itu tak lagi terlihat di jalan. Ia pun melakukan penelusuran. “Eh, ternyata sudah diparkir. Kabarnya telah rusak atau tidak laik jalan lagi,” ujarnya.

Keberadaan ke dua kendaraan tersebut, patut dipertanyakan karena ketika dialihkan fungsi beberapa tahun lalu, pengoperasian ke dua bus itu tidak lagi gratis tapi dipungut biaya meski tak sebesar tarif angkutan umum.

Baca Juga :  Senator SBANL Ingatkan Saling Menghormati Antarumat Beragama dan Golongan

“Pihak instansi pengelola harus mempertanggung jawabkan, kenapa sampai ke dua bus itu rusak, padahal beberapa tahun terakhir tidak lagi digunakan mengangkut siswa dengan gratis,” tandas mantan Hukum Tua Desa Malenosbaru ini.

Kepala Dinas Perhubungan Minsel Verra Lasut, AP MSi mengaku kalau saat ini 2 bus sekolah dalam keadaan rusak.

“Saat saya dipercayakan memimpin Dinas Perhubungan Minsel, saya melihat bus sekolah sudah terparkir di sini,” katanya ketika dikonfirmasi di Amurang.

Lasut mengatakan, hingga bertahun-tahun lamanya tidak ada anggaran pemeliharaan untuk bus sekolah. “Saya akan mencoba mendapatkan anggaran guna pemeliharaan melalui APBD 2017. Doakan, supaya tahun 2017 ini bus sekolah bisa diaktifkan lagi,’’ sebut Lasut.

(andries)

News Feed