Ini Alasan Kenapa Turis Harus Kunjungi Kota Lima Dimensi Tomohon

Tomohon, Fajarmanado.com – Kota Tomohon merupakan salah satu kota unik yang ada di Indonesia dan di Suawesi Utara  (Sulut) yang telah mendunia.

Dalam geliat kepariwisataan, Kota Tomohon sebagai bagian dari daerah Nyir Melmbai ini, terkenal dengan daerah yang penuh keramahan dan senyum adalah ciri khas masyarakat yang ada secara turun temurun.

Hal ini menunjukan semakin banyaknya kunjungan wisatawan yang terus datang ke Sulut, dan Kota Tomohon yang menjadi tujuan wisata yang memiliki beragam keindahan dan kesejukan alamnya.

Sebagai suatu kota yang diapit oleh dua gunung api aktif, yakni Gunung Lokon 1580 M dan Gunung Mahawu 1311 M menjadikan Kota ini ideal untuk wisata Gunung Api yang menjadi lokasi dan tempat pusat pengamatan gunung api di Sulut.

Tomohon juga dihiasi tanaman bunga yang merupakan bagian dari mata pencharian warga dari beberapa generasi sampai saat ini.  Produksi Bunga  ini menyuplai sebagain besar kebutuhan bunga di Sulawesi Utara dan sekitarnya.

Daya tarik untuk berkunjung ke Tomohon juga karena Kota ini memiliki danau Linou yang mempunyai ciri khas warna yakni warna hijau, biru putih dan coklat susu dengan pemandangan air mengandung belerang yang mendidih.

Sambutan unik dari burung-burung belibis yang berenang bebas didanau dekat pengunjung serta hamparan pepohonan yang didiami burung-burung yang terdiri dari jenis seperti Burung Raja Udang, Burung Hantu, Burung Pipit, Burung Bangau serta jenis lainnya.

Ketika berada di Tomohon anda juga dapat mengunjungi beberepa danau yang ada seperti Sineleyan, Danau Limaney dan yang lainnya.

Kota sejuk Tomohon juga menyambut setiap pengunjung dengan beragam extrim kuliner yang ada dan dapat saksikan melalui Pasarl Tomohon.

Pasar tradisional ini menyediakan beragam bahan kuliner berbasis kartun kuliner seperti micky mouse atau Tikus Hutan, Scooby Doo (Daging Anjing), Batman (Kelelawar) atau Paniki, Pyton (Uar Piton) Babi Hutan, Kucing Hutan serta beragam jenis sayur-sayuran dari hutan yang bebas dari pestisida.

Jenis-jenis kuliner ini ada sebagian besar yang dikonsumsi sebagai obat untuk beberapa penyakit.

Ketika anda ingin merasakan kesejukan dan ketengan hati sekaligus menyaksikan pemandangan alam yang hijau dengan taman yang begitu asri maka kawasan bukit doa Jalan Mahawu menjadi tujuan rekreasi para wisatawan lintas agama.

Bukit doa menjadi obyek wisata religi bagi umat kristiani pun bagi wisatawan lainnya karena sajian alami dalam pesona alam dan nuansa ibadah dalam ketenangan hati dapat kita nikmati di tempat ini baik bersama keluarga maupun rekanan dalam bisnis.

Alasan penting lainnya adalah hamparan luas pemandangan dan panorama pertanian Rurukan yang menyajikan teras-teras pertanian dengan landscape tanah yang membentuk secara alami seperti amphiteater dengan dikelilingi komoditi sayur mayur yang menjadi mata pencaharian pokok masyarakat yang ditanam kemudian hasilnya dikirim ke beberapa provinsi seperti Papua, Kalimantan dan Maluku.

Dari sekitar lokasi ini, anda akan merasa berada di negeri awan karena wilayah ini sering diselimuti kabut dan merupakan wilayah yang paling tinggi di Kota Tomohon yakni 1100-1200 meter di atas permukan laut, menjadikan daerah ini ideal untuk pertanian sayur mayur dengan beberapa puncak bukit yang menjadi tempat-tempat wisata seperti bukit temboan, bukittintingan dan yang lainnya.

Tomohon memiliki Kampung Jawa, meskipun masyarakat Tomohon sebagian besar penganut Kristen.

Keberagaman kepercayaan menjadikan kota ini barometer kerukunan umat beragama karena keamanan dan kedamaian dalam hidup bermasyarakat terus terjaga melalui wadah kamunikasi seperti BKSAUA, FKUB, BAMAG serta FKDM yang didukung sepenuhnya pemerintah Kota Tomohon melalui peran Walikota Jimmy F Eman SE.Ak dan Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan bersama seluruh masyarakat Kota Tomohon.

Kabag Humas dan Protokol Tomohon Protokol Fransiskus Ferdinand Lantang SSTP mengatakan, selai itu masih banyak lagi obyek-obyek wisata yang menyambut turis yang berkunjung  dan datang ke Kota Tomohon.

“Ada  Air Terjun Pinaras yang menjadi favorit para wisatawan karena keunikannya, ada juga wisata gua-gua alam dan gua Jepang yang ada di perkampungan warga, seperti, Gua Jepang di Kelurahan Kayawu,” jelasnya.

Lantang menyebutkan, sejumlah obyek wisata menarik lainnya akan menambah daya tarik da pesona pengunjung di daerah ini. Tak terkecuali pemandangan sawah dengan tanaman kelapa yang berada dalam satu areal yang terhampar hijau dengan sejumlah aktivitas pertanian dan perikanan.

(prokla)