oleh

Pemerintah Desa Harus Jaga Keamanan Menjelang Natal

Ratahan, Fajarmanado.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Ir Farry Liwe mengimbau kepada pemerintah desa untuk menjaga kondisi keamanan menjelang perayaan Natal.

“Pemerintah di desa diwajibkan untuk melakukan pengamanan dengan mengaktifkan Poskamling, untuk menciptakan kondisi aman, tertib dan nyaman menjelang Natal 2016 sampai pasca perayaan Tahun Baru 2017,” ujarnya.

Mantan Plt Sekda Minsel ini juga menyatakan, untuk mengantisipasi kemungkinan penyusupan, pemerintah desa dan kelurahan juga diwajibkan mendata serta mengawasi masyarakat pendatang di setiap lingkungan danjaga.

“Kalau ada pendatang, pemerintah desa wajib untuk melakukan pendataan, termasuk asal usul dan tujuan kedatangan mereka,” kata Farry di Rahatan, Senin (19/12).

Dalam melakukan langkah-langka preventif ini, lanjut Liwe, pemerintah desa senantiasa harus terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan TNI apabila menemukan adanya ancaman gangguan keamanan dan ketertiban.

“Jika ada tindakan-tindakan yang berpotensi terjadinya gangguan keamanan agar langsung berkoordinasi dengan pihak berwajib,” tegasnya.

Sekda pun menegaskan kepada aparat pemerintah desa untuk mengawasi peredaran dan penjualan minuman keras ketika merayakan hari besar keagamaan umat Nasrani dan perayaan Tahun baru mendatang.

Liwe menghimbau pula masyarakat untuk tidak menyediakan dan menyuguhkan minuman keras kepada para tamunya.

“Termasuk aparat desa jangan sampai ada menyiapkan minuman-minuman keras,” tegasnya.

Selain soal keamanan, Sekda Liwe mengharapkan masyarakat dapat memelihara kebersihan lingkungan masing-masing desa dan kelurahan agar tampak bersih meski dimusim hujan saat ini.

Sementara itu, Juru Bicara Pemkab Novry Raco mengatakan, pernyataan dan himbauan Sekda ini merupakan penegaskan untuk mengingatkan semua pihak karena sudah  disampaikan kepada seluruh pemerintah kecamatan serta kelurahan dan desa melalui  edaran Sekda Nomor: 003.1/1065/Setda.

“Edaran ini tak lain untuk menciptakan suasana aman, tertib dan nyaman bagi masyarakat dalam merayakan Natal 2016 dan tahun baru 2017,” ujar pria familiar ini.

(geri)

News Feed