oleh

Peringati Hari Bela Negara, Walikota Eman Lantik Tim Saber Pungli

Tomohon, Fajarmanado.com – Pemkot Tomohon memperingati Hari Bela Negara ke-68 sekaligus meresmikan pengurus Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Tomohon melalui upacara di Lapangan Kantor Walikota, Senin (19/12).

Jimmy F Eman SE Ak selaku Walikota bertindak sebagai Pembina Upacara pada apel yang dihadiri Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan, Kapolres AKBP Monang Simanjuntak SIK, Ketua FKUB Tomohon Pdt Joy Palilingan MTh, tokoh-tokoh agama dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Eman saat membacakan sambutan Presiden Ir Joko Widodo mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk belajar dari sejarah perjuangan bangsa dalam memperingati momentum hari bela negara tahun ini.

Baca Juga :  Wakil Walikota WL Membuka Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Kota Tomohon dengan Ptotokol Kesehatan yang Ketat

Menurut Jokowi, sejarah mencatat bahwa Republik Indonesia bisa berdiri tegak sebagai bangsa yang berdaulat tidak lepas dari semangat bela negara dari seluruh kekuatan rakyat.

Tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan bangsa, bersifat konvesional atau fisik semata akan tetapi sudah berkembang baik fisik maupun non fisik.

“Kesadaran bela negara sangat penting untuk ditanamkan sebagai sikap dan perilaku bangsa Indonesia,”paparnya.

Upaya menanamkan sikan dan prilaku para pejuang kemerdekaan merupakan bentuk revolusi mental sekaligus untuk membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas dinamika ancaman sekaligus untuk mewujudkan ketahanan nasional.

Baca Juga :  KPU Kota Tomohon Audiensi dengan Pemerintah Kota Tomohon

Pada kesempatan itu, Walikota Eman melantik Satgas Saber Pungli Kota Tomohon, yang terdiri dari, Ketua Pelaksana Wakapolres Kompol Berty Rengkuan, Wakil Ketua Pelaksana I Inspektur Kota Tomohon Ir Djoike Karouw Msi, Wakil Ketua Pelaksana II KASI Intel Kejaksaan Negeri Tomohon, Wakil Ketua Pelaksana III Perwira Penghubung KODIM 1302 Minahasa dan Sekretaris Kepala Bagian SDA Polres Tomohon.

“Sebagai SATGAS, anda memiliki Wewenang membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar, melakukan pengumpulan data dan informasi dengan menggunakan teknologi informasi,” ungkap Eman.

(prokla)

News Feed