oleh

Kunker Ke Jepang, Wawali SAS Bertemu Walikota Okegawa

Okegawa, Fajarmanado.com – Wakil Walikota (Wawali) Syerly Adelyn Sompotan melakukan kunjungan kerja dua hari ke Jepang selang 5-6 Desember 2016 ini.

Ditemani Sekkot Dr Arnold Nyldy Poli, SH, MAP dan sejumlah personil DPRD Kota Tomohon, SAS, sapaan akrabnya, bertemu dengan Walikota Okegawa Katsunori Ono didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Okegawa, Saitama Jepang.

Lawatan jajaran Pemkot Tomohon ke negeri Sakura kali ini atas undangan resmi Pemerintah Kota Okegawa pada tertanggal 21 Oktober 2016. Intinya untuk membangun hubungan kerjasama antara Kota Okegawa dan Kota Tomohon, termasuk untuk menghadiri Festival Okegawa Tahun 2017 nanti.

Setibanya di Okegawa pada Senin (5/12), kemarin, SAS dan rombongan disambut penuh ramah dan dijamu oleh Pemkot Okegawa.

Dipandu  akademisi dari delegasi Kota Tomohon yang fasih berbahasa Jepang, suasana penuh keakraban dan penuh kesantunan pun tersaji dalam pertemuan itu .

Pada kesempatan itu, Wawali SAS memaparkan berbagai program unggulan Pemerintah Kota Tomohon yang sedang giat maupun yang akan dilaksanakan di tahun depan.

Sebagaimana amanat yang diberikan mayoritas rakyat yang memilihnya bersama  pasangan Walikota Jimmy Feldie Eman, SE.Ak, SAS mengatakan semua program tersebut bermuara langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat umum dan menyentuh kebutuhan utama dan mendasar dalam kehidupan sehari-hari.

“Baik itu di bidang perekonomian, pendidikan, pariwisata dan perdagangan serta pemberian kemudahan beraktivitas yang nyaman dalam hidup bermasyarakat,” ujarnya.

Pemerintah Kota Tomohon, kata Wawali SAS,  memenuhi undangan ini untuk membicarakan pengembangan hubungan kerjasama mengenai pendidikan, kebudayaan, pariwisata, pertanian, pertukaran siswa dan perdagangan.

Kabag Humas dan Protokol Pemkot Tomohon FF Lantang, SSos mengatakan, berdasarkan pemaparan potensi Kota Tomohon, maka Pemkot Okegawa akan melakukan kunjungan balasan sekaligus diharapkan bisa ikut terlibat pada ajang Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017.

Dari pertemuan balasan nanti, lanjutnya, apabila terjadi kesepakatan kedua pemkot akan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) sekaligus mengundang Kota Tomohon untuk berpartisipasi dalam Festival Tahunan Kota Okegawa untuk tahun 2017 dan Kota Okegawa.

Mengenai biaya perjalanan delegasi Kota Tomohon ke Okegawa, menurut Lantang, sesuai informasi dari bendahara Sekretariat Daerah, telah tertata dalam APBD Kota Tomohon Tahun 2016 dalam pos perjalanan ke luar Negeri.

Keberangkatan delegasi tersebut telah mendapat ijin Gubernur Sulawesi Utara dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia atas nama Presiden.

Selain Wawali SAS dan Sekkot Poli, delegasi Tomohon yang berkunjung ke Okegawa juga Kadis Dikda Drs Gerardus Mogi, Prof  K Masengi beserta anggota DPRD Piet HK Pungus, Ladys Fransisca Turang, Katerina Polii, Michael P Lala dan Frets Keles. Sedangkan dari lembaga pendidikan yakni,  Kepala SMP Negeri I Tomohon dan Kepala SD GMIM IV Tomohon.

(prokla)

News Feed