Warga Sorot Proyek Pengoboran Air Bersih ‘Mubazir’ di Aertembaga II

 

Reses Keegan Matindas Kojoh, Sabtu (3/12)
Reses Keegan Matindas Kojoh, Sabtu (3/12)
Bitung, Fajarmanado.com – Proyek Pengeboran Air Bersih yang terletak di Kelurahan Aertembaga II, mendapat sorotan tajam dari masyarakat. Pasalnya, proyek yang menghabiskan uang negara sampai Milyaran Rupiah, tidak bisa dinikmati masyarakat karena sampai saat ini tidak ada air. Hal ini terungkap pada saat Keegan Matindas Kojoh, Anggota DPRD Kota Bitung dari Partai NasDem menggelar reses, Sabtu (3/12), di Kelurahan Aertembaga I.

“Kami meminta agar supaya Bapak Keegan Matindas Kojoh wakil rakyat dari Dapil II, menindaklanjuti proyek air bersih mubazir, karena sejak dibangun sampai saat ini tidak berfungsi alias tidak ada air, padahal masyarakat sangat membutuhkan air bersih,” ujar Hengky Rumawung (51), warga Aertembaga I.

Mendapat laporan tersebut, Kojoh sangat terkejut. Proyek yang menggunakan dana APBD Kota Bitung yang dikerjakan pada tahun 2013, dinilai asal jadi dan juga dari sisi perencanaan tidak matang, karena sudah dibor sampai puluhan meter tetapi tidak ada air.

“Jujur saya baru mendengar proyek pengeboran air bersih yang bermasalah dalam reses, hal ini tidak boleh dibiarkan, apalagi mempergunakan uang Negara untuk proyek yang menyentuh kepentingan masyarakat tapi tidak berfungsi, ini sama dengan menghamburkan uang Negara,” tegas Kojoh.

Sementara itu, Camat Aertembaga Drs. Sifri Mandak, Msi, MAP, kepada Fajarmanado.com, mengakui bahwa proyek pengoboran air bersih dilakukan sekitar tahun 2013, dan menghabiskan dana kurang lebih 1,3 Milyar Rupiah.

“Bangunan dan mesin-mesin ada, bahkan sudah digali sampai puluhan meter, tapi tidak ada air, setahu Saya ini proyek pengeoboran air bersih untuk masyarakat dari Dinas PU Kota Bitung,” kata Mandak.

Dalam reses tersebut, turut dihadiri

dihadiri Camat Aertembaga, Drs. Sifri Mandak Msi MAP, Kapolsek Aertembaga Iptu Fandi Ba’u, para lurah se kecamatan Aertembaga dan para warga yang terlihat antusias mengikuti jalannya reses tersebut.  (JO)