SBSI Bitung Tuding Disnakertrans ‘Cuek” Soal Masalah Buruh

Bitung, Fajarmanado.com –Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kota Bitung mengaku berang. Pasalnya, Disnakertrans kota industri ini dinilai ‘cuek’ menghadapi persoalan buruh.

Puluhan buruh yang tergabung dalam SBSI-Federasi Buruh, Pelabuhan, Pelaut dan Nelayan Kota Bitung, menggelar aksi demo di  Dinas Tenaga Kerja (Disnakertrans) Pemkot Bitung, Senin (5/9), terkait permasalah buruh di PT Nutrindo Fresfood Internasional.

Koordinator aksi SBSI Rocky Oroh mengatakan, banyak permasalahan buruh di Kota Bitung yang belum terselesaikan. Bahkan malah bertambah, dan makin bertambah kendati telah ditangani Disnakertrans.

“Pihak Dinaskertrans seakan-akan mendiamkan permasalahan buruh tanpa ada upaya penyelesaian,” terangnya.

“Malah ada indikasi pemanfaatan kepentingan pribadi di internal Disnakertrans, seperti aturan di sejumlah perusahaan sengaja disahkan kendati merugikan tenaga kerja atau buruh,”  teriak Oroh.

Dia berharap, walikota dan wakil walikota memberikan perhatian kepada nasib buruh di Kota Bitung. Terutama meninjau kembali sejumlah aturan yang diterapkan di sejumlah perusahaan yang tidak berpihak kepada buruh.

“Walikota dan wakil walikota harus tegas jika memang peduli dengan nasib buruh. Karena persoalan buruh di Kota Bitung makin menumpuk karena tak ada ketegasan dari pemerintah,” katanya.

jak)