oleh

Pelantikan Penjabat Bupati Minsel Diundur

AMURANG, FAJARMANADO.com — Christiany Eugenia Paruntu, SE dipastikan melepaskan jabatan Bupati Minahasa Selatan (Minsel) 2010-2015, Senin (14/12/2015). Namun pelantikan penjabat (Pjb) untuk mengisi kekosongan orang nomor satu di daerah berjuluk Teguh Bersinar ini dipastikan nanti digelar 14 Desember mendatang.

Rentang waktu sekitar satu setengah hari itu, ditunjuk Sekda Ruindengan sebagai pelaksana tugas. “Tidak akan berpengaruh, pemerintahan akan dikendalikan langsung sekdanya,” kata Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setprov Sulut, DR Jemmy Kumendong.

Dia memastikan pelantikan Pjb Bupati Minsel digelar Rabu (16/12/2015) sekitar jam 10 Wita di Graha Bumi Beringin Manado. “Penundaan terpaksa dilakukan karena kita semua tahu Pak gubernur juga mengemban tugas sebagai Dirjen Otonomo Daerah (Kemendagri) saat ini,” kilahnya.

Pada awal pekan depan, Pjb Gubernur Soni Sumarsono harus menghadiri suatu acara di luar daerah, yang sangat penting dan tidak bisa ditunda. ‘Berdasarkan pertimbangan, pelantikan penjabat Bupati Minsel tidak akan berpengaruh apabila diundur satu dua hari,” ujarnya lagi.

Siapa yang bakal melanjutkan kepemimpin Tetty, Christiany Eugenia Paruntu ini, Kumendong mengaku belum bisa memastikan karena sedang menunggu keputusan Mendagri. Tapi santer disebut-sebut bahwa Rene Hosang, yang kini Kadis Koperasi dan UKM Sulut telah dipersiapkan untuk mengisi kekosongan jabatan bupati tersebut. Nama lain yang dikabarkan sebagai alternatif adalah Edwin Silangen dan Roy Tumiwa.

Sementara Tetty memohon pamit kepada jajaran aparatur sipil Negara (ASN) dan tenaga harian lepas (THL) di lingkungan pemerintahan dan masyarakat Minsel.

“Saya minta maaf atas kekurangan yang telah saya lakukan selama lima tahun memimpin daerah ini. Saya sadari mungkin bayak menyakiti hati saudara sekalian. Sebagai manusia biasa tentu saya memiliki banyak kekurangan. Sebab itu, sekali lagi, saya mohon maaf,” ujar Paruntu saat apel dengan ASN lingkup Pemkab Minsel, awal pekan ini.

Tetty juga menyampaikan apreasiasinya kepada seluruh ASN dan THL, yang sudah membantu dirinya selama lima tahun memimpin Minsel.

“Terima kasih atas semua kontribusi dan bantuan yang diberikan seluruh pihak yang terus menopang kepemimpinan saya selama periode 2010-2015. Saya berharap kebersamaan akan selalu tercipta untuk kemajuan Minsel yang lebih baik. Tuhan Yesus memberkati kita semua,” ujar petahana yang bersama Frangky Wongkar, SH unggul dalam perolehan sementara Pilkada Minsel 9 Desember silam ini.

(andries pattyranie)

News Feed