oleh

Bagir Manan: Perusahan Media Harus Berbentuk PT, Koperasi atau Yayasan  

 

JAKARTA, FAJARMANADO.com—Ketua Dewan Pers Dr Bagir Manan SH, MCL, mengatakan, sebuah perusahaan media harus berbadan hukum dan telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Sebagaimana ditegaskan melalui edaran Dewan Pers, bahwa bentuk usaha di bidang pers harus berbentuk PT, Koperasi atau Yayasan,” katanya kepada kepada Kabag Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi saat berkunjung ke Kantor Dewan Pers Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Tumundo bertemu dan berdialog langsung dengan Bagir Manan di Kantor Dewan Pers didampingi Kasubag Pemberitaan Pingkan Assa SSTP MAP dan beberapa staf untuk meminta masukan mengenai implementasi pelaksanaan dan pelayanan pers di lapangan.

“Dewan Pers beranggotakan 9 orang, yang terdiri dari 3 anggota perwakilan wartawan, 3 anggota perwakilan perusahaan pers dan 3 anggota lagi perwakilan masyarakat, jelas Tumundo mengutip penjelasan Manan.

Dewan Pers sendiri bertugas memeriksa pelanggaran etik pers, baik cetak maupun elektronik saja. Media juga harus menyediakan ruang hak jawab jika berita yang disajikan mendapat keberatan atau tidak sesuai dengan fakta,” katanya.

Menurut Tumundo, junjungan pihaknya ke dewan pers telah dijadwalkan beberapa waktu lalu melalui surat resmi kepada Ketua Dewan Pers sendiri.

“Kami mendapatkan banyak masukan dalam pertemuan tersebut untuk meningkatkan kinerja di Bagian Humas dan Protokol. Makanya, hasil pertemuan ini akan dijadikan referensi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat termasuk di dalamnya bagi rekan-rekan pers yang bertugas di Minahasa sebagai mitra pemerintah,” kata Tumundo.

(*/dr)

News Feed