oleh

Amankan Pilkada, Polda Sulut Lakukan Simulasi Pengamanan TPS

MANADO, FAJARMANADO.com — Personel Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) dan jajaran, yang akan bertugas mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada serentak 9 Desember nanti mengikuti  pelatihan simulasi pengamanan TPS di halaman Mapolda Sulut, Jalan Bethesda Manado, Jumat (4/12/2015).

Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung, mengatakan, simulasi bertujuan untuk memberikan gambaran kepada jajarannya bagaimana situasi sebenarnya di lapangan.

 “Tujuan simulasi pengamanan TPS adalah untuk memberikan gambaran sebenarnya di lapangan dan menyamakan persepsi tentang pola tindak bagi personel yang bertugas,” ujar Marpaung.

Kendati dinilai kondusif dan terkendali hingga jelang masa tenang, kapolda mengajak seluruh personel untuk tetap penuh semangat dan disiplin serta meningkatkan kewaspadaan yang tinggi.

Guna mewujudkan pengabdian sebagai insan Bhayangkara, yang profesional dan terlatih dalam setiap pelaksanaan tugas, Marpaung juga memberikan beberapa penekana. Ssalah satunya adalah terkait tindakan tegas bagi pelanggaran hukum saat pencoblosan dan rekapitulasi perhitungan suara dan mengamankan kotak suara menuju PPK sampai KPU.

“Lakukan tindakan tegas, terukur dan tepat sasaran sesuai prosedur terhadap setiap tindakan-tindakan yang melanggar hukum dengan menjunjung tinggi legalitas profesionalisme, proporsionalisme dan hak azasi manusia,” jelasnya.

Marpaung mengatakan, simulasi pengamanan ini terbagi dalam dua sesi, yaitu pengamanan pada TPS kategori Aman dan Rawan II. Pada TPS kategori aman, satu orang Anggota Polri bertugas di dua TPS dibantu anggota Linmas. Sedangkan pada TPS rawan II, dua orang Anggota Polri bertugas di satu TPS dan dibantu personel Linmas.

 “Dalam simulasi ini, tergambar jelas pengamanan yang dilakukan oleh anggota Polri yang dibantu personel Linmas, dalam setiap tahapan pelaksanaan Pilkada. Mulai dari tahap pendistribusian logistik Pilkada, pemungutan suara, penghitungan suara dan pengawalan kotak suara ke PPS. Juga diperagakan penanganan kericuhan yang dilakukan sejumlah oknum di salah satu TPS,” jelasnya.

Bersamaan dengan itu, jajaran polres juga melakukan apel siaga pengamanan proses pemungutan suaran di setiap polsek dengan melibatkan personil linmas yang berasal dari semua desa dan kelurahan. “Ini kami lakukan untuk mengecek kesiapan personil pengamananan pada Pilkada serentak digelar,” kata Kapolsek Kawangkoan Iptu Eddy Susanto.

(corr)

News Feed