oleh

Liverpool Lolos Usai Atasi Bordeaux

Liverpool, Fajarmanado.com — Liverpool memastikan diri melangkah ke babak 32 besar Liga Europa usai mengatasi Bordeaux dengan skor 2-1. ‘Si Merah’ sempat tertinggal lebih dahulu sebelum membalas dua gol.

Menjamu Bordeaux di Anfield, Jumat (27/11/2015) dinihari WIB, Liverpool tak lebih dominan dalam penguasaan bola ketimbang lawannya. Mereka memegang bola dengan persentase 47% berbanding 53% milik tim tamu.

Tapi Liverpool lebih banyak mengancam gawang Bordeaux dengan empat tembakan tepat sasaran dari 11 upaya. Sedang lawannya cuma punya dua peluang mengarah ke gawang dari total 10 percobaan.

Lima menit laga berjalan, Liverpool punya kesempatan setelah Roberto Firmino mendapatkan umpan jauh dari Simon Mignolet dan berdiri bebas di belakang garis pertahanan Bordeaux. Hanya saja Firmino gagal menendang dengan sempurna sehingga bola melenceng.

Bordeaux coba balas menekan di menit ke-21 melalui sepakan Henri Saivet. Tapi masih jauh dari gawang.

Semenit berselang, Liverpool kembali mengancam. Kali ini sepakan Christian Benteke meneruskan umpan James Milner masih tipis di sisi kanan gawang.

Tak lama berselang, giliran Joe Allen melakukan percobaan dari luar kotak penalti. Tendangannya juga meleset.

Di menit ke-29, Jordon Ibe menusuk di kiri lalu memberikan umpan terobosan ke Benteke. Bola berhasil diceploskan ke dalam gawang oleh Benteke usai menaklukkan kiper, tapi wasit menganulir. Dia sudah lebih dahulu dalam posisi offside.

Mignolet melakukan kesalahan fatal di menit ke-32, usai memegang bola lebih dari enam detik. Wasit pun memberikan tendangan bebas di dalam kotak penalti untuk Bordeaux.

Menjadi fatal untuk Liverpool karena dari skema bola mati ini, Saivet menyambut sodoran Jaroslav Plasil dan melepaskan tendangan keras ke pojok kanan atas gawang. Liverpool pun tertinggal.

Lima menit kemudian, giliran Bordeaux melakukan kesalahan di lini belakang. Lamine Sane menjatuhkan Benteke di dalam kotak penalti, meski sejatinya penyerang Liverpool itu sudah tak bisa menjangkau bola umpan silang yang ditujukan padanya.

Penalti pun diberikan wasit. Milner yang maju sebagai eksekutor sukses mengelabui kiper dengan sepakan ke pojok kanan gawang.

Di masa injury time babak pertama, Liverpool berbalik unggul. Umpan silang Nathaniel Clyne dari sisi kanan dikontrol Benteke lalu diakhiri dengan sepakan keras ke pojok kanan gawang. Kiper Bordeaux Cedric Carrassco tak mampu menghalau bola meski sudah bergerak ke arah yang tepat.

Sebuah percobaan dari Allen di menit ke-54 masih bisa diamankan kiper. Tak lama berselang giliran upaya dari Ibe yang digagalkan Carrassco.

Sepakan Milner di menit ke-73 cuma melenceng tipis saja ke kiri gawang, meneruskan umpan dari Emre Can. Di lain sisi, Bordeaux masih kesulitan menciptakan peluang berbahaya untuk Liverpool.

Di masa injury time, Liverpool mendapatkan tekanan serius dari tendangan bebas di depan kotak penalti. Sepakan Saivet mengarah ke gawang, tapi Mignolet sigap menepis bola di pojok kanan gawang. Tak ada lagi gol tercipta.

Dengan kemenangan ini, Liverpool naik ke posisi teratas klasemen Grup B dengan nilai 9 dari lima laga. Mereka unggul satu angka dari FC Sion (8) yang takluk 0-2 dari Rubin Kazan di laga lainnya.

Satu tiket lolos grup ini selanjutnya akan diperebutkan Sion dan Rubin. Keduanya cuma berjarak tiga poin. Sementara Bordeaux sudah dipastikan tersingkir setelah hanya mengumpulkan tiga poin dari lima laga.

Susunan pemain:

Liverpool: Mignolet, Clyne, Touré, Lovren, Moreno, Milner, Firmino (Lallana 74′), Lucas, Allen (Can 67′), Ibe (Origi 90′), Benteke

Bordeaux: Carrasso, Contento, Sané, Yambéré, Chantôme, Poko, Plašil (Ounas 84′), Rolán, Saivet, Jussie (Maurice-Belay 76′), Crivelli (Diabate 67′)

 

(dtc/heru)

 

News Feed