oleh

Studi: Kematian Akibat Seks Lebih Ditakuti Dibanding Kecelakaan

Jakarta, fajarmanado.com — Kematian bisa terjadi dalam berbagai macam cara, baik karena sakit atau mengalami kecelakaan. Sebuah penelitian membuktikan kematian akibat seks lebih ditakuti dibandingkan sebab lain seperti kecelakaan.

Terri Conley D dari University of Michigan, Amerika Serikat yang melakuan penelitian tersebut mengatakan bahwa secara umum perilaku seks yang tidak aman dianggap lebih menakutkan dan lebih berisiko memicu kematian, dibandingkan dengan berkendara dengan ugal-ugalan.

Dalam penelitian ini, para peserta dimintai pendapatnya terkait risiko kematian akibat berbagai macam faktor. Menurut para responden, risiko kematian yang terkait seks yang tidak aman adalah 7,1 persen sedangkan risiko kematian akibat kecelakaan mobil hanya 0,4 persen.

Kemudian, Conley dan tim melakukan tiga studi lainnya secara terpisah untuk mengetahui sejauh mana perilaku seksual dan Infeksi Menular Seksual (IMS) parah yang dilihat oleh peserta dibandingkan dengan perilaku lain yang dianggap berisiko. Hasilnya pada penelitian pertama ditemukan bahwa risiko kematian setelah terjangkit HIV (Human Imunodeficiency Virus) akibat berhubungan seksual tanpa kondom lebih tinggi dibandingkan mereka yang mengalami kecelakaan kendaraan.

Lalu pada penelitian selanjutnya para peserta diminta untuk membaca salah satu dari dua skenario. Skenario pertama menjelaskan tentang seseorang yang tanpa disadari menularkan penyakit lain, sedangkan yang menularkan penyakit nonseksual kepada orang lain. Kemudian pada studi ketiga, mereka juga diminta untuk membaca salah satu dari 12 sketsa yang berbeda mengenai jenis penyakit dan seberapa parah penyakit tersebut.

Hasilnya, seperti dikutip dari The Indian Express, Selasa (24/11/2015), Conley dan tim menyimpulkan bahwa stigmatisasi masyarakat dari infeksi menular seksual telah menyebabkan penyakit seksual dirasakan lebih parah ketimbang penyakit lainnya. Hal ini membuat banyak orang berpikir jika IMS jauh lebih berisiko daripada dengan mengemudi kendaraan.

(dct/heru)

News Feed