oleh

Sumendap Larang Aktivitas Tambang Pasir

RATAHAN,FAJARMANADO.com- Bupati Minahasa Tenggara (Mitra), James Sumendap mengeluarkan larangangan terhadap penambang pasir, yang mengambil material di kawasan Gunung Soputan, kecuali warga Silian.
Sebab material Soputan, tegas Suemendap, masuk dalam kawasan hutan lindung. Sehingga tidak boleh sembarangan melakukan aktifitas tambang kecuali warga Silian.
“Pos jagawana akan mulai melakukan penjagaan  di Gunung Soputan. Nantinya mereka akan mengawasi aktifitas tambang pasir dan batu di sana,” kata Sumendap, belum lama ini.

Menurutnya, pengambilan material hanya boleh dilakukan untuk kepentingan pembangunan desa dan tidak boleh untuk dikomersilkan.

“Itupun hanya boleh desa-desa yang ada di Silian Raya dan digunakan untuk membangun rumah. Tidak diperbolehkan dari luar Silian Raya. Sekali lagi tidak boleh sembarangan ambil material untuk dibisniskan,” serunya.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Mitra, Sonny Wenas mengaku telah menempatkan petugas kehutanan di daerah tersebut. “Kami sudah menindaklanjuti apa yang di instruksikan Bupati,” tambah Wenas.
(DidiGara)

News Feed