oleh

Ini 5 Orang Terkaya Dunia Versi Bloomberg, Harta Bill Gates Turun

Jakarta, fajarmanado.com – Bloomberg melansir data terbaru soal peringkat orang terkaya dunia. Harta orang terkaya selalu bergerak, ada yang naik namun juga ada yang turun.

Dilansir dari data Bloomberg Billionaires Index, Bill Gages  masih menjadi orang terkaya di muka bumi. Total hartanya saat ini mencapai USD 85 miliar. Namun demikian, kekayaan Bill Gates mengalami penurunan sebesar USD 5,6 juta.

Bill Gates adalah salah seorang pendiri Microsoft bersama Paul Allen di tahun 1970 an. Dia juga termasuk seorang kaya yang dermawan dan menghabiskan sebagian uangnya untuk organisasi kemanusiaan bernama Bill and Melinda Gates Foundation.

Peringkat dua orang terkaya dunia versi Bloomberg adalah Amancio Ortega dengan total kekayaan mencapai USD 74,4 miliar. Kekayaan Amancio tercatat mengalami kenaikan sebesar USD 689,1 juta.

Perusahaan Ortega yang beroperasi di bawah beberapa nama merek, termasuk Zara, Massimo Dutti dan Stradivarius, memiliki hampir 5.900 toko di 86 negara. Amancio Ortega Gaona yang lahir pada 28 Maret 1936 itu menyandang status sebagai seorang eksekutif busana asal Spanyol dan ketua pendiri dari grup fashion Inditex.

Selanjutnya atau peringkat tiga orang terkaya dunia dipegang Warref Buffett. Kekayaannya tercatat mencapai USD 63,4 miliar. Bloomberg mencatat kenaikan kekayaan Buffett sebesar USD 185,4 juta.

Warren Edward Buffett adalah seorang pengusaha Amerika Serikat yang diakui sebagai salah satu investor tersukses di dunia. Ia berhasil mengumpulkan kekayaan yang berlimpah berkat kemampuan dan kepandaiannya dalam berinvestasi melalui perusahaan konglomerasi (holding company) Berkshire Hathaway. Karena keahliannya tersebut, ia mendapat berbagai julukan seperti “Wizard of Omaha”, “Oracle of Omaha”, atau “Sage of Omaha”.

Peringkat empat orang terkaya dunia saat ini dipegang oleh Jeff Bezos. Daftar terbaru ini, Jeff naik peringkat dan mengalahkan Carlos Slim Helu yang dulunya menempati peringkat empat. Kekayaan Jeff Bezos saat ini tercatat mencapai USD 59,3 miliar. Kekayaannya naik tajam mencapai USD 1,1 miliar.

Jeff Bezos merupakan pendiri sekaligus CEO dari e-commerce terbesar Amerika Serikat sekaligus dunia, Amazon. Berkat kesuksesan supermarket onlinenya ini, Jeff pun jadi salah satu orang paling berpengaruh di dunia.

Pria lulusan Princeton University ini memang memiliki mimpi besar dalam dunia jual beli online. Bahkan, dirinya mencanangkan bahwa di masa depan Amazon akan menyediakan kurir sendiri dengan memanfaatkan armada helikopter kecil.

Peringkat lima orang terkaya dunia saat ini dipegang oleh Carlos Slim Helu dengan total kekayaan mencapai USD 57,2 miliar. Kekayaan Carlos Slim Helu tercatat turun USD 75,9 juta. Posisinya juga turun dibanding tahun lalu yang menempati peringkat empat orang terkaya dunia.

Carlos Slim Helu lahir di Mexico City pada 28 Januari 1940. Slim dan saudara-saudaranya diajarkan tentang praktik dasar bisnis oleh ayah mereka. Pada usianya yang ke 12 tahun Slim membeli saham di sebuah bank Meksiko. Pada umur 17 tahun, Slim memperoleh 200 peso per minggu dari bekerja di perusahaan ayahnya. Dia kemudian bersekolah di National Autonomous University of Mexico. Pada tahun 1966 dia mendirikan Inmobiliaria Carso, tiga bulan setelahnya dia resmi menikahi Soumaya Domit Gemayel.

Pada awal karirnya, Slim memusatkan perhatiannya pada bidang konstruksi, real estate, dan pertambangan. Pada tahun 1972 dia mendirikan setidaknya 7 perusahaan yang bergerak dalam ke tiga bidang tersebut. Di tahun 1976 dia melebarkan sayapnya dengan membeli 60 persen bunga di bisnis percetakan dan pada tahun 1980 dia mengonsolidasikan kepentingan bisnisnya dengan membentuk Grupo Galas sebagai induk dari konglomerat yang memiliki minat terhadap industri, konstruksi, pertambangan, retail, makanan, dan tembakau.

(mdk/heru)

News Feed