oleh

Sumendap Jangan Merusak Tatanan ASN

RATAHAN, FAJARMANADO.com – Maraknya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang  berpindah-pindah dan tak menetap di satu daerah, mendapat perhatian serius dari Bupati Mitra, James Sumendap. 

Sumendap menegaskan tak setuju dengan maraknya ASN yang berpindah tugas dengan alasan tertentu. Menurut dia, alasan hanya dimanfaatkan agar dapat berpindah tempat tugas.

“Sebab tak baik keadaan pemerintah daerah, apabilah ada yang pindah tugas. Sedangkan daerah  sendiri saja banyak yang membutuhkan staf pegawai,” seru Sumendap.

Tak hanya menjadi usulan bagi Gubernur, dia juga mengigatkan  kepala daerah khususnya di Sulut, untuk tidak melakukan hal yang sama. Karena cara seperti itu akan merusak tatanan ASN.

“Kalau dilakukan secara terus menerus pastinya, akan berdampak tidak baik bagi daerah. Yang tentunya berimbas pada pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Soal ini, Sumendap mengaku telah menyurat ke Gubernur, dan meminta Gubernur untuk dapat memberikan moratorium bagi kepala daerah terkait fenomena pindah tugas ini.  “Saya sudah menyuray ke pak Gubernur terkait hal ini,” akunya.

Untuk daerah Mitra sendiri, dia menegaskan tak akan mengijinkan lagi apabilah ada ASN yang akan berpindah tempat tugas. “Jelas saya tidak akan ijinkan,” tutupnya.

Sementara, ketua LSM GEMMA Mitra, Vidy Ngantung saat diminta tanggapan terkait hal ini menilai, langkah Sumendap sangat objektif.  Sebab  ASN yang berpindah tempat tugas dengan alasan tertetu bukanlah suatu yang baik. “Kerena itu menunjukkan tak siapnya ASN sejak pertama menjadi abdi negara,” imbuh Ngantung.

Dia pun memuji langkah Sumendap yang telah menundaklanjuti itu ke Gubernur Sulut. “Karena saya menilai itu bagian dari penerapan disiplin ASN,” tukasnya.

(DidiGara)

News Feed