oleh

Pendukung Imba-Bobby ‘Serbu’ Lagi KPU, Lalulintas Macet

MANADO, FAJARMANADO.com—Gelombang demo pendukung Jimmy Rimba Rogi dan Bobby Daud (Imba – Bobby) masih juga menyerbu Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado, Senin (16/11/2015).

Seperti halnya Sabtu (14/11/2015), demo ke dua sekitar pukul 15:00 Wita ini, guna meminta penjelasan Komisioner KPU mengenai keputusan yang menganulir pasangan calon (paslon) walikota dan wakil walikota Manado nomor urut 2 itu.

Dalam orasi, massa demo damai ini meminta penjelasan komisioner KPU agar menjelaskan asalan mendasar mengapa dan dasar Imba dan Bobby dinyatakan Tidak Memenihi Syarat (TMS). Mereka mengaku binggung kenapa ketika verifikasi berkas awal dinyatakan memenuhi syarat tapi setelah mengikuti tahapan mulai dari pemeriksaan kesehatan sampai hampir habis masa kampanye baru dinyatakan TMS. “Apa yang jadi dasar sesungguhnya. Kami mau minta penjelasan,” ujar pendemo.

“Jika para komisioner KPU Manado tidak hadir dan menerima langsung kehadiran kami, maka kami menuding para Komisoner KPU lari dari tanggung jawab sebagai penyelenggara Pemilu yang independent,” kata Yudistira, salah satu pendemo yang mewakili pendemo lainnya.

KPU Kota Manado diminta jangan menghindar dan bersembunyi karena mereka sangat butuh jawaban. “Jangan menghindar. Ini menjadi bukti bahwa KPU Manado pengecut dan secara jelas telah tunduk oleh kepentingan politik pihak tertentu,” ujarnya.

Pendemo mengaku kesal karena aksi damai tersebut tidak disambut dengan baik. “Kalau tidak kami akan melakukan aksi seperti ini di depan rumah kamu (komisioner) masing-masing. Ini akan terus kami lakukan sampai  9 Desember nanti,” kata pendemo lainnya.

Selang aksi demo, polisi tampak berjaga-jaga. Bahkan mobil water canon didatangkan tapi sempat disambut salahseorang pendemo yang tiba-tiba merebahkan tubuhnya di jalan. Aksi pria itu tak berlangsung lama karena langsung dinasehati rekan-rekannya.

Aksi demo damai tersebut sempat memacetkan sementara arus lalulintas di sepanjang jalan Lumimuut, apalagi di kompleks SPBU Tikala yang berseberangan langsung dengan Kantor KPU Manado.

(joy tielung/hendry rambet)

News Feed