oleh

Konate Dua Gol, Persib Menang Dramatis 3-2 Atas Persela

SIDOARJO, FAJARMANADO.com—Persib Bandung memetik kemenangan dalam laga pertama mereka di Piala Jenderal Soedirman. Menghadapi Persela Lamongan di laga Grup C di Stadion Deltras Sidoarjo, Minggu (15/11) Pangeran Biru dua kali menyamakan kedudukan sebelum mendapatkan kemenangan 3-2. 

Gol kemenangan Persib dicetak oleh Makan Konate hanya dua menit jelang pertandingan usai.

Ditinggalkan Vladimir Vujovic, Shahar Ginanjar, dan juga tidak diperkuat M. Ridwan yang masih mengalami cedera, Persib memberikan kesempatan kepada dua pemain muda untuk mencicipi bermain di level senior yaitu Gian Zola dan juga Febri Haryadi.

Keduanya adalah pemain yang dipromosikan dari tim Persib U-21.

Dalam laga ini, penyerang muda Persib, Febri, nyaris membuat timnya unggul lebih dahulu di menit ke-12. Mencari celah untuk menendang dari luar kotak penalti, dengan sepakan kerasnya Febri Haryadi mampu menggetarkan mistar gawang.

Satu menit kemudian, Persela justru unggul lebih dahulu. Melalui skema serangan balik, umpan silang dari kiri disambut oleh tandukan Zaenal Arifin yang berlari dari belakang dan tidak terkawal siapapun.

Febri membawa Persib menyamakan kedudukan di menit ke-22. Gol bermula dari sepak pojok di sebelah kanan gawang, yang kemudian dengan mudah disambar oleh pemain berusia 19 tahun tersebut.

Cedera yang didapatkan Yandi Sofyan di menit ke-53 membuatnya ditarik keluar oleh Djadjang Nurdjaman. Persib pun terpaksa bermain tanpa penyerang murni. Sang pelatih pun memindahkan posisi Firman Utina menjadi penyerang, sementara lini tengah diisi oleh Konate, M. Taufiq, Dedi Kusnandar, dan Hariono.

Persib kembali ketinggalan di babak kedua. Gol berasal dari tendangan bebas Persela yang bisa diamankan oleh I Made Wiryawan. Akan tetapi, lini pertahanan Persib hanya berdiam diri saja ketika Djusmadi dengan cepat menyambar bola muntah.

Persib berupaya untuk mengejar ketertinggalan dan mengurung Persela setengah lapangan. Akan tetapi Pangeran Biru kesulitan untuk mengalirkan bola ke dalam kotak penalti. Firman yang ditempatkan sebagai ujung tombak juga sering kali gagal menahan bola.

Tendangan dari luar kotak penalti berkali-kali menjadi cara Persib untuk menguji kiper Choirul Huda. Selepas water break, Dedi coba melakukan hal tersebut dan bola lalu ditepis oleh Choirul.

Di menit ke-82, Maung Bandung akhirnya mendapatkan gol penyama kedudukan lewat gelandang yang sedang diisukan akan hijrah ke Malaysia, Makan Konate.

Firman Utina memberikan umpan terobosan sempurna kepada Konate yang menusuk ke kotak penalti. Lepas dari jebakan offside, Konate dengan dingin menaklukkan Choirul Huda.

Gol tersebut sebenarnya buah kecerdikan pelatih Djadjang Nurdjaman yang melihat bahwa Firman tidak bisa memainkan peran sebagai penyerang. Ia menukar Firman dengan Konate dan Persib pun menemukan ketajaman untuk membelah lini pertahanan Persela.

Konate lagi-lagi menjadi penyelamat Persib dengan mencetak gol kemenangan.

Menerima umpan silang Dedi dari sayap kanan, Konate berupaya untuk melakukan tendangan salto yang kemudian gagal. Setelah terjatuh, Konate dengan cepat bangkit kembali dan melakukan tendangan voli.

Bola yang melengkung pun kembali mengoyak gawang Choirul Huda.

Tak ada gol lagi yang tercipta di beberapa menit tersisa sehingga Persib pun memetik kemenangan tiga angka.

(cnni/heru)

News Feed