oleh

Tomohon Semakin Menarik Minat Turis

TOMOHON, FAJARMANADO.com — Destinasi  pariwisata di Kota Tomohon ternyata semakin menarik minat turis, baik wisatawan domestik mapun manca negara. Tomohon Internationan Flower Festival (TIFF), objek wisata Danau Linow dan lainnya, menjadi daya pikat wisatawan berkunjung di Kota Multy Dimensi ini.

Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kota Tomohon, Mariam Rau kepada  wartawan, Kamis (12/11/2015) di Tomohon, mengatakan, tren kenaikan siknifikan tergambar jelas pada data kunjungan turis dari tahun ke tahun, terutama wisatawan nasiona (WN).

Selang tahun 2013, jelasnya, jumlah kunjungan WN tercatat 126.597 orang, naik menjadi  132.102 orang tahun 2014 dan bahkan semakin meningkat  pada tahun 2015 ini. “Karena September saja sudah mencapai 180.557 kunjungan WN di Kota Tomohon ini,” katanya didampingi Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kalasina KKL Pandey SSos.

Perkembangan positif, juga tampak pada kunjungan wisatawan manca Negara (WM). Tahun tahun 2013 sebanyak  13.534 orang, tahun 2014 berjumlah 14.023 dan hingga September 2015 lalu,  sudah sebanyak  8.739 WM. “Diperkirakan akan meningkat terus dan  melebihi jumlah kunjungan wisatawan manca negera pada dua tahun sebelumnya,’’ sambung Pangkey optimis.

Beberapa Obyek wisata alam yang sering dikunjungi oleh para wisataran tersebut, antara lain, wisata alam Gunung Mahawu, Gunung Lokon, Danau Linow, Danau Tampusu, Air Terjun Tekaan Telu, Air Terjun Kandera Watu, Air Terjun Ranowawa, Air Terjun Tumimperas dan Pemandian Air Panas Tuatangtang.

“Sedangkan untuk obyek wisata Florikultura, antara lain, yang ada Kampung Florist, Agrowisata Rurukan dan Agrowisata Kumelembuai,” jelas Pandey

Banyak faktor yang mempengaruhi peningkatan kunjungan wisatawan di Kota Tomohon selama ini. Selain didukung keramahan penduduk, kata Pangkey, kesiapan objek wisata dan promosi ke luar daerah dan manca negara yang terus dilakukan bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata yang memiliki program Pariwisata Pesona Indonesia.

Rialdy Rawis

News Feed