oleh

Antisipasi Musim Hujan, Sondakh Intruksikan Aparat Kecamatan Siaga

BITUNG, FAJARMANADO.com—Aparat Kecamatan diinstruksikan agar segera melakukan tindakan antisipasi saat memasuki musim penghujan untuk menghindari tergenangnya air dan banjir serta tanah longsor.

Walikota Bitung Hanny Sondakh, mengatakan, langkah-langkah  antisipasi dimaksud, jelasnya,  pembenahan talud harus dilakukan untuk  menghindari terrjadinya longsor pasir yang akan menyumbati saluran air got atau drainase. Selain itu, pembersihan sampah-sampah yang bertebaran dalam saluran drainase  mesti dilakukan agar terhindar dari terjadinya genangan air yang kemungkinan meluap hingga menggenangi rumah-rumah penduduk dan jalan umum  sebagai nati utama perekonomian.

Ditambahkannya, peran serta masyarakat sangat diharapkan untuk turut serta melakukan pencegahan dini terhadap bahaya penyakit dengan menghindari terjadinya genangan air di dalam selokan, sehingga menjadi sarang nyamuk yang berakibatkan datangnya penyakit Demam Berdara Dengue (DBD).

Selain itu, tambahnya, upaya mengindari bahaya saat musim hujan dimintakan kepada Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, Badan Penangulangan Bencana, serta instansi terkai agar terus berkoordinasi dan bersikap tanggap. ”Seluruhnya harus bersinergi, agar dapat melakukan monitoring serta pencegahan penyakit dan pembenahan terhadap fasilitas yang rusak agar masyarakat terhindar dari musibah akibat bencana saat musim penghujan,” tandasnya.

(katerina mailoa)

News Feed