oleh

Awas, Sering Terbangun Lebih Bahaya dari Kurang Tidur

JAKARTA, FAJARMANADO.com—Banyak hal yang menyebabkan seseorang tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Ssalah satunya, adalah, terlalu sering bangun sepanjang malam. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Johns Hopkins Medicine di Amerika, terlalu sering bangun lebih memperburuk suasana hati daripada memiliki waktu tidur yang kurang.

Dalam penelitian ini, ada tiga kondisi saat tidur yang diamati. Kondisi tersebut yaitu dibangun secara paksa, memiliki waktu tidur yang kurang, dan tidur yang terganggu. Sebanyak 62 peserta dilibatkan dalam penelitian ini, terdiri dari pria dan wanita yang tidak memiliki masalah dengan kualitas tidur.

Hasilnya, setelah malam kedua terlihat penurunan suasana hati positif pada kelompok yang tidurnya terganggu. Dibandingkan dengan mereka yang memiliki jam tidur kurang, penurunan suasana hatinya hanya turun 12 persen sedangkan tidur yang terganggu mencapai 31 persen. Penelitian ini dilakukan sebelum dan sesudah peserta tidur.

“Ketika tidur seseorang terganggu sepanjang malam, akan menghilangkan kesempatan untuk mengembalikan perasaan menjadi seperti semula,”ujar Finan, Ph.D, Peneliti serta asisten profesor psikiatri dan ilmu perilaku di John Hopskins university, Amerika, dikutip dari Fox News, Minggu (01/11/2015).

Seseorang yang mengalami gangguan pada tidurnya lebih rendah mengalami pulas saat tidur daripada yang kurang memiliki jam tidur. Hal ini menunjukan hubungan signifikan secara statisik mengenai turunnya mood positif seseorang. Tidak itu saja, gangguan tidur dapat mempengaruhi tingkat energi seseorang dan perasaan simpati serta keramahaan seseorang.

Gangguan tidur biasanya disebabkan karena tekanan dalam pikiran, faktor lingkungan, gangguan emosional, dan efek samping dari pengobatan pada waktu mengalami penyakit tertentu. Maka disarankan untuk mulai melakukan olahraga, membuat kamar menjadi nyaman, atau membatasi kafein untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Dengan memiliki kualitas tidur yang baik tidak hanya membuat tubuh baik secara fisik tetapi juga mental Anda.(dtc/red)

News Feed