Rukun RKKA Rayakan Natal di Kebun, Makan Beralaskan Daun dan Minum Pakai Kower

Tomohon, Fajarmanado.com —  Rukun Kace Kai Ang (RKKA) merayakan Natal Yesus Kristus dengan nuansa yang amat beda di masa kini. Digelar di kebun dan resepsi mengedepankan adat budaya Minahasa.

Aneka menu makanan tersaji dalam wadah yang terbuat dari rotan di atas meja beralaskan daun pisang, yang dalam bahasa Tountemboan oleh disebut; Ma`alik Laleina.

Wadan minum pun tidak menggunakan gelas tapi Kower, yang terbuat dari bambu. Di atas meja juga tersedia Saguer, minuman tradisional Minahasa hasil sayatan dari Pohon Enau.

Begitulah pemandangan yang tersaji dalam rangkaian Ibadah dan resepsi Rukun RKKA di Terung LW Pangolombian Tomohon, Kamis (22/12/2022).

Perayaan yang dihelat bersamaan dengan Hari Ibu 2022 tersebut dipimpin Khadim Pdt. Samson Daud Kaunang, S.Th.

Dalam khotbahnya, Kepala Pusat Pembinaan Warga Gereja Sinode GMIM) ini, mengatakan, RKKA yang notabene adalah beranggotakan personal berprofesi Pendeta dan Guru Agama GMIM sudah tentu harus menjadi teladan di tengah kehidupan pribadi, keluarga, jemaat dan masyarakat. Karena sesungguhnya, sangatlah penting kehidupan saling mengasihi satu dengan yang lain.

Hidup saling mengasihi dengan senantiasa mengandalkan Tuhan, katanya, harus diimplimentasikan di tengah kehidupan sehari-hari setiap umat Kristiani.

Sementara itu, Penasehat RKKA, Ir. Stefanus BAN Liow, MAP (SBANL) mengatakan, sebagai anggota jemaat biasa, rasanya tidak ‘mengenakan’ menjadi penasehat bagi Pendeta dan Guru Agama yang terhimpun dalam RKKA.

Namun sebagai Penasehat dari segi organisasi atau wadah, kata SBANL dengan senyum khasnya, sangat berharap motivasi pembentukan RKKA ini untuk membangun ‘silahturami’ yang semakin diwujudkan pada tahun-tahun mendatang, setelah dua tahun lebih seakan ‘pudar’ dari dampak pandemi covid-19.

“Kalaupun ada pergumulan, tantangan dan atau pencobaan yang membatasi pada tugas Kependetaan, apalagi menjabat sebagai Ketua BPMW/BPMJ, maka Firman Tuhan mengingatkan torang samua bahwa dalam pekerjaan Tuhan, jerih payahmu tidak sia-sia,” ujar pria familian yang kini dikenal sebagai Anggota DPD RI/MPR RI ini.

Senator SBANL yang adalah putra kelahiran Amurang Minsel dan kini menjabat Ketua Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD RI kemudian mengingatkan agar semua anggotq RKKA untuk senantiasa memperkokoh jati diri, integritas dan citra gereja.

Pada kesempatan itu, Ketua RKKA Pdt. Lucky Paulus Tumbelaka, MTh yang kini menjabat Koordinator Bidang PSDD Sinode GMIM mengucapkan puji syukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada keluarga besar RKKA, termssuk Ketua Tim Kerja Pdt. Laurina Ottay, MTh karena boleh merayakan Natal Yesus Kristus.

Perayaan Natal ini, lanjutnya, menjadi motivasi tersendiri agar tahun 2023, RKKA semakin eksis dalam pelayanan dan pengabdian di tengah jemaat dan masyarakat.

Secara khusus, Pdt Lucky Tumbelaka didampingi Sekretaris Pdt. Johnly Manorek, MTh dan Bendahara Pdt. Esther Assa, MTh senada memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Penasehat RKKA Ir. Stefanus BAN Liow, MAP yang sejak awal pembentukan RKKA sampai saat ini, meski di tengah kesibukannya sebagai Anggota DPD RI/MPR RI tetap konsisten menjadi motivator demi eksistensi RKKA.

Tampak hadir, Ir Miky Junita Linda Wenur, MAP (MJLW) dan  sejumlah personal RKKA, seperti Pdt Rio Tumbelaka, Pdt Femmy Josephus, Pdt Fecky Tutu. [heru]