oleh

Tanam Kayu di Hutan Lindung, Senator SBANL Ajak Lestarikan Indonesia Sebagai Paru-Paru Dunia

Tomohon, Fajarmanado.com — Anggota DPD RI/MPR RI Ir. Stefanus BAN Liow, MAP (SBANL) mengingatkan bahwa Indonesia memiliki hutan tropis terluas di dunia.

Karena itulah, hutan Indonesia menjadi sebagai paru-paru dunia yang keberadaannya menjadi tumpuan keberlangsungan kehidupan, di dalamnya mengurangi dampak perubahan iklim global.

“Oleh karena itu, menjadi tugas bersama penyelenggara negara, komponen bangsa dan elemen masyarakat untuk melestarikan hutan di tanah air yang kita cintai ini,” katanya di sela kegiatan penanaman kayu di Hutan Lindung Gunung Tampusu, Jumat (20/5/2022).

Fungsi ekologi hutan, lanjutnya, antara lain, menyerap karbondioksida, menghasilkan oksigen untuk kebutuhan makhluk hidup, menjadi sumber air, mencegah terjadi banjir dan erosi bahkan menjadi habitat bagi hewan.

Senator SBANL, sapaan Anggota DPD RI Dapil Sulut yang duduk di Komite II serta Pimpinan Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) dan Pimpinan Kelompok DPD RI di MPR RI ini melakukan penanaman bibit pohon kayu-kayuan di Hutan Lindung yang berada di perbatasan Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulut bersama BPMW dan Komisi P/KB GMIM Wilayah Tomohon Empat.

Baca Juga :  Kritisi Soal Penghapusan THL, Senator SBANL Beri Solusi

Tampak terlihat menanam kayu dari BP DAS Tondano tersebut, juga komunitas Panji Yosua dan Kelompok Tani Hutan Gunung Tampusu Kelurahan Pangolombian Kecamatan Tomohon Selatan.

Selain menanam bibit pohon kayu-kayuan, dilanjutkan dengan klinik pertanian oleh Elmons Paat dan Oklan Maleke.

Ketua BPMW Tomohon Empat Pdt. Julius Tumiwan, S.Th didampingi Ketua Komisi P/KB GMIM Wilayah Tomohon Empat, Lurah Pangolombian Jootje Sarese, SH dan Pengurus Kelompok Tani Hutan Gununh Tampusu Fecky Umboh mengungkapkan puji syukur kepada Tuhan sekaligus  memberikan apresiasi kepada Senator Stefanus Liow karena menjadi motivator dalam kegiatan pelestarian lingkungan dan upaya-upaya peningkatan ekononi pertanian.

Baca Juga :  Kapolda Mulyatno dan Ketua PD Bhayangkari Sulut Beri Tali Asih Kepada Peserta Bakti Kesehatan Polri

Lebih lanjut Ketua Komisi P/KB GMIM Wilayah Tomohon Empat Pnt Jan Tamuntuan didampingi Komandan dan Wakil Komandan Panji Yosua Robby Taroreh dan AIPTU Pol. Noldy Sampul, Wakil Ketua dan Sekretaris Hapsa Pnt Jeffry Tumanduk, SP,SE dan Jachry Sigar, SP menjelaskan kegiatan penghijauan/reboisasi merupakan bagian dari program peduli lingkungan dalam rangkaian perayaan Hari Persatuan P/KB GMIM Wilayah Tomohon Empat dibawa kepemimpinan ketua panpel Gerald Lapian, SE, MAP.

(*/Maxi Heru)