Digelar 29-30 Maret 2022, Persiapan Sidang MPL dan Konsultasi BIPRA SAG 2022 Semakin Dimatangkan

Tondano, Fajarmanado.com — Pelaksanaan Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) dan Konsultasi BIPRA Sinode Am Gereja (SAG) Sulutenggo tahun 2020 dipastikan digelar pada 29-30 Maret 2020 mendatang.

Kepastian tersebut terkuak dalam rapat panitia Sidang MPL dan Konsultasi BIPRA 2022 yang dipimpin Ketua Harian, Drs. Riviva Maringka, MSi di Tondano, Kamis (10/2/2022), petang tadi.

“Pelaksanaan Sidang MPL dan Konsultasi BIPRA SAG Sulutteng dilaksanakan pada Selasa dan Rabu, 29-30 Maret 2022,” katanya didampingi Sekretaris Umum Panita Pnt. Drs. Tenni GM Assa, Ketua Umum PP KGPM Gbl. Francky Londan, Sekretaris MPH SAG Sulutteng Gbl. Fetrisia Alling dan Bendahara Pdt Fanny Wurangian.

Seperti halnya rapat ke dua pada 3 Februari, pekan lalu, pertemuan kali ini semakin fokus pada semakin dimatangkannya persiapan sarana dan prasarana pendukung kenyamanan peserta sidang dan konsultasi BIPRA.

Tak hanya pengadaan baliho-baliho dan tenda-tenda peralatan pendukung, bahkan persediaan genset cadangan dan air bersih di lokasi-lokasi acara turut dibicarakan.

Demi kenyamanan peserta, kata Riviva, yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa ini, rumah-rumah yang akan dijadikan akomodasi peserta harus layak. Termasuk, memiliki ketersediaan air yang cukup serta kamar mandi dan toilet yang bersih.

Dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan tersebut, panitia akan bermohon kepada PLN untuk tidak melakukan pemadaman listrik di wilayah Kawangkoan dan sekitarnya, sekaligus menyediakan genset cadangan.

Menyadari ancaman Omicron, varian baru Covid 19, selain akan menerapkan protokol tetap (protap) Covid 19, didukung dengan rapid antigen dan thermogun, panitia juga akan bekerjasama dengan rumah sakit Sam Ratulangi Tondano dan Anugerah Tomohon sebagai rumah sakit rujukan apabila ada peserta yang terpapar.

Seiring dengan itu, juga akan terus berkonsultasi dengan tim gugus tugas Covid 19 dalam memantau perkembangan kasus Covid 19.

Sedangkan Sidang MPL dan Konsultasi BIPRA SAG 2022 diagendakan berlangsung setelah Sidang Sinode GMIM tersebut akan gelar bersamaan di beberapa lokasi.

Untuk Sidang MPL dilaksanakan di  Gedung Gereja KGPM Sentrum Kawangkoan, sementara Konsultasi BIPRA tersebar lima lokasi lainnya.

Sesuai rancangan, Konsultasi Komisi Pria Kaum Bapa (PKB) akan berlokasi di gedung KGPM Kawangkoan Calon Sidang Sendangan.

Konsultasi Komisi Wanita Kaum Ibu (WKI) di GMIM Sion Sentrum Sendangan.

Konsultasi Komisi Pemuda di GMIM Ebenhaezer Talikuran.

Konsultasi Komisi Remaja di GMIM Solafide Uner, dan Konsultasi Komisi Anak di KGPM Maranatha Kinali.

“Lokasi cadangan di GMIM Imanuel Kinali,” kata Pnt. Drs. Tenni GM Assa, yang juga Ketua Badan Pimpinan Sidang (BPS) KGPM Sentrum Kawangkoan ini.

Soal peserta Sidang MPL dan Konsultasi BIPRA, katanya, akan datang dari 13 Sinode/Pucuk Pimpinan gereja anggota SAG Suluttenggo.

Setiap sinode/pucuk pimpinan mengirimkan tiga peserta, yakni Ketua, Sekretaris dan Bendahara.

Begitu pun peserta Konsultasi BIPRA, masing-masing komisi mengutus tiga peserta.

“Pada acara pembukaan nanti, selain peserta sidang dan konsultasi, juga akan hadir MPH, BPP dan MP SAG Sulutteng,
Komisi BIPRA dan Departemen SAG Sulutteng, MPH PGI dan Mitra SAG Sulutteng,” ungkapnya.

“Jadi, kalau dihitung dengan panitia pelaksana, keseluruhan yang akan hadir diperkirakan mencapai 350 sampai 400 orang,” jelasnya.

Penulis: Maxi Heru