oleh

Jelang Pelaksanan Festival Budaya, Warga Desa Laikit, Gelar Ritual “Dumia Umbanua”

Dimembe,Fajarmanado.com – Warga desa Laikit melalui melalui tokoh ada, Kamis (18/11) pagi, melaksanakan Dumia Umbanua (Bersih Kampung). Ritual yang merupakan warisan budaya ini dilakukan untuk menyukseskan pelaksanaan festival budaya Laikit yang akan dilaksanakan selama dua hari, 18 – 19 November 2021.

Ketua panitia pelaksanaan festival budaya Laikit, Veysi Karuntu mengatakan ritual dumia umbanua sengaja dilakukan pagi hari sebelum pembukaan festival dengan harapan, semua rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dapat berjalan lancar sesuai dengan agenda yang telah disusun panitia.

“Festival budaya ini merupakan momentum penting bagi warga dan pemerintah desa dalam mempromosikan potensi seni dan budaya guna mewujudkan desa Laikit sebagai salah satu desa tujua wisata budaya di Minahasa Utara. Untuk itu sebelum pelaksanaan festival kami melaksanakan dumia umbanua dengan harapan agenda penting ini bisa berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan.”kata Veysi Karuntu yang didampingi daya desa Marcel Ngangi.

Karuntu menambahkan, Dumia Umbanua ini sejatinya dilaksanakan setiap awal tahun, namun jelang pelaksanaan festival budaya sengaja dilaksanakan dengan harapan, iven penting ini bisa terlaksana dengan baik dan harapan desa Laikit sebagai desa Budaya bisa dikenal luas masyarakat.(Joel)

News Feed