oleh

Gerai Vaksinasi Presisi Maluku Kembali Dibuka, 326 Warga Disuntik Vaksin Corona

Ambon, Fajarmanado.com – Setelah istirahat libur Idul Adha 1442 Hijriah, Gerai Vaksinasi Presisi Polda Maluku kembali dibuka. Sebanyak 326 orang pun terlayani dan disuntik vaksin Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19, Kamis (22/7/2021).

Program serbuan vaksinasi yang dilaksanakan Polda Maluku melalui Rumah Sakit Tingkat III Bhayangkara Ambon dalam rangka HUT Bhayangkara ke 75, tanggal 1 Juli 2021 sejak 26 Juni lalu ini, bertempat di Lapangan Letkol CHR Tahapary, Tantui, Kota Ambon.

“Untuk hari ini yang divaksinasi sebanyak 326 orang,” kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhamad Rorm Ohoirat kepada wartawan di Ambon, sore tadi.

Kegiatan yang mengusung tema “Respons Vaksinasi Covid-19 Polda Maluku” hari ini dimulai sejak pukul 06.00 WIT sampai dengan pukul 13.00 WIT.

“Vaksinasi ini dibuka untuk masyarakat umum, termasuk keluarga Polri secara gratis,” jelasnya.

Program serbuan vaksinasi ini digelar Polda Maluku sejak tanggal 26 Juni 2021 dan akan terus dilaksanakan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Baca Juga :  Pangdam Bambang Ismawan Bertemu dengan Bupati dan Fokopimda Halmahera Utara

Rum mengatakan, vaksin yang digunakan ada dua jenis. Yakni, Sinovac dan Astrazeneca, baik penyuntikan atau dosis pertama maupun kedua.

“Kalau pada vaksinasi pertama disuntik menggunakan Sinovac maka yang kedua juga Sinovac. Begitu sebaliknya, jika pertama menggunakan Astrazeneca, ke dua merek vaksin yang sama,” jelasnya.

Juru bicara Polda Maluku ini pun mengajak masyarakat yang belum divaksin agar dapat mendatangi Gerai Vaksinasi Presisi yang disiapkan Polda Maluku di Lapangan Tahapary, Tantui, Kota Ambon.

“Vaksinasi dilaksanakan gratis kepada warga yang berusia 18 tahun ke atas. Vaksin aman dan halal,” ajaknya.

Warga yang ingin divaksin, tambah Roem, cukup membawa kartu keluarga atau KTP, dalam keadaan sehat, tidak dalam keadaan hamil dan membawa alat tulis sendiri.

“Setelah itu nanti akan melalui beberapa tahapan yaitu verifikasi data, tensi, screening, penyuntikan vaksin, observasi dan pengambilan kartu vaksin,” terangnya.

Mantan Kapolres Kepulauan Aru dan Kota Tual itu kembali mengajak pula masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan meski sudah menjalani vaksinasi.

Baca Juga :  Astaga! 4 Anggota Ditsamapta Polda Maluku Dipecat Gegara Ini

“Kami harap masyarakat tetap patuh dengan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan memakai sabun, menjaga jarak, menjauh dari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” pintanya.

Untuk diketahui, pengamanan vaksinasi massal yang digelar Polda Maluku hari ini dipimpin Ka Siaga I Bagdal Ops Roops Polda Maluku AKP. Vitalis Goleng.

“Disamping kita melaksanakan pengamanan kita harus waspada dan selalu menerapkan protokol kesehatan,” pinta Vitalis dalam apel pengecekan anggota pengamanan pagi tadi.

Ia juga meminta personil untuk mengatur masyarakat yang ingin divaksin agar tidak terjadi kerumunan. Juga tetap menjalankan protokol kesehatan.

Jumlah personil pengamanan terdiri dari Dit Samapta 10 orang, Dit Pol Airud 5, Sat Brimob 10, Bid Humas 2, Bid Propam 2, Dit Lantas 2, dan Polwan Polda Maluku 4 Personil.

Hadir pula, pengawas pelaksanaan jalannya serbuan vaksinasi masal yaitu Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Polda Maluku dr. Chandra Tanoeisan Sp.

Penulis: Katie Mailoa

 

News Feed