oleh

Bank SulutGo Berpacu Bantu Ekonomi Warga di Tengah Pandemi

Kawangkoan, Fajarmanado.com – Bank SulutGo terus concern mendukung program pemerintah dalam membantu masyarakat terdampak pandemi coronavirus disease 2019 atau Covid 19.

Tak heran, Bank SulutGo atau BSG Cabang Kawangkoan, terus berpacu menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) 2021.

Bahkan, BSG Kawangkoan mengepakkan atau melebarkan ‘sayap’ pelayanannya sampai ke desa-desa di tiga Kecamatan Langowan (raya).

“Ya, sebenarnya ada kantor cabang pembantu Bank SulutGo di Langowan. Kami hanya membantu saja menyalurkan BLT DD di sana,” komentar Pimpinan Cabang Bank SulutGo Kawangkoan, Rina Sigar di Kawangkoan, Senin (19/7/2021).

Kebijakan ini, katanya, tak lain untuk mempercepat pelayanan permintaan pencairan dana bantuan sosial pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak ekonomi daring pandemi Covid 19.

“Jadi, pada hakekatnya kami hanya membantu menyalurkan saja di Langowan, supaya masyarakat terdampak secepatnya dapat menerima dananya,” ujarnya melalui  Manajer Umum, Wandy Rondonuwu, SE.

Bank SulutGo Cabang Kawangkoan memprioritaskan pelayanan penyaluran BLT DD kepada semua 69 desa yang berada di enam kecamatan. Yakni, tiga di Kawangkoan raya, dua Tompaso raya dan Kecamatan Sonder.

Baca Juga :  Hukum Tua Desa Tombasian Atas Imbau Masyarakat, Pengucapan Syukur Sesuai Protap

Namun karena permintaan pencairannya dari pemerintah desa (pemdes) terkadang membludak, akhirnya, BSG Kawangkoan ikut turun melayani desa-desa di tiga kecamatan Langowan raya.

Manajer Pelayanan Nasabah BSG Kawangkoan, Marini Potu mengungkapkan, atas permintaan pemdes, pihaknya kerap melayani sampai tujuh desa dalam sehari.

Untuk mengcovernya, ada dua tim yang diturunkan melakukan penyerahan dana secara langsung di desa-desa, dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

Bahkan, Manajer Akuntasi Layanan,  Joopy Wenas rela turun ikut memimpin tim penyaluran.

Lantas, sudah berapa banyak total dana BLT DD yang disalurkan BSG sepanjang tahun 2021 ini, Marini mengaku belum rampungkan merekapitulasinya.

“Maaf ,..pak itu data nti mo rekap dulu sly itu sdh d arsip di bukti kas,..nti qt kse info 🙏,” demikian Marini dalam pesan WhatsUp kepada Fajarmanado.com, Senin (19/7/2021) malam.

Baca Juga :  Camat Kawangkoan, Eightmi: Ayo Vaksin dan Tak Jenuh Terapkan Protap

Yang pasti, setiap hari kerja, BSG melayani permohonan penyaluran langsung BLT DD kepada para keluarga penerima manfaat (KPM).

“Sepanjang syarat administrasi lengkap, kami langsung jadwalkan berapa pun nilai dana yang dibutuhkan,” ujarnya.

Karena itulah, nilai dana BLT DD yang disalurkan Bank SulutGo dalam sehari, amat variatif, karena tergantung permonan. Tak jarang mencapai sekitar 500 juta, tapi acapkali hanya puluhan juta.

“Jadi, tergantung permohonan yang masuk dan sudah memenuhi syarat. Berapa pun besar dananya, langsung kami siapkan dan salurkan secara utuh. Tak ada pemotongan sesen pun,” tandas Wandy.

Langkah dan kebijakan BSG Kawangkoan dalam menyalurkan BLT DD mendapat respons positif dari para pemdes.

“Sudah sangat bagus sekali. Pihak Bank SulutGo sangat-sangat responsif. Bahkan, pihak Bank sudah membentuk grup WhatsUp khusus BLT-DD yang anggotanya semua hukum tua dan pemdes,” komentar senada sejumlah Hukum Tua, sebutan khas Kepala Desa di Kabupaten Minahasa ini.

Penulis: Maxi Heru

 

News Feed