oleh

Bencana Alam Ancam Ambon, Dandim Kolonel Soumokil Siagakan Babinsa

Ambon, Fajarmanado.com – Cuaca ekstrim yang melanda Kota Ambon, Maluku akhir-akhir ini mengancam masih akan terjadinya bencana alam.

Komandan Kodim (Dandim) 1504/Ambon, Kolonel Inf D. C. Soumokil mengatakan, ancaman bencana alam tanah longsor, banjir dan pohon tumbang harus tetap diwaspadai.

Karena itulah, Kolonel Soumokil menginstruksikan seluruh Danramil untuk segera menyiagakan anggota Babinsanya dan rajin terjun ke lapangan guna mengantisipasi kondisi wilayah, terutama daerah yang rawan bencana.

“Cuaca ekstrem saat ini masih mengancam warga, intensitas hujan yang tinggi dapat mengakibatkan rawan terjadinya bencana longsor, banjir, pohon tumbang dan bencana alam lainnya,” kata Dandim, Selasa (20/7/2021) di Ambon.

Meski demikian, kepedulian dan kebersamaan para Babinsa dengan warga di wilayah binaan pun terus ditunjukkan. Semisal, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Sirimau Serda Dwiyanto bersama prajurit TNl lainya.

Baca Juga :  Minat Berolahraga Meningkat, Wagub Orno Harap Jadi Budaya Orang Maluku

Bersama anggota Polri, Satpol P.P Kota, BNPB Kota Ambon dan masyarakat Batu Meja melaksanakan kerja bakti pembersihan material tanah longsor di wilayah Batu Meja, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Dengan kesiagaan para Babinsa di lapangan dalam menghadapi bencana, Dandim Soumokil meyakini akan dapat memperkuat kemanunggalan TNI dengan rakyat sehinggga ketahanan wilayah semakin baik.

Dandim Soumokil mengatakan, saat ini terdapat beberapa wilayah yang merupakan titik bencana banjir maupun longsor akibat hujan dengan intensitas tinggi di Kota Ambon. Seperti, di kecamatan Leihitu dan wilayah kecamatan Sirimau.

Untuk itu,Dandim sangat berharap semua anak buahnya di titik-titik rawan bencana bisa selalu siaga menghadapi bencana yang tidak terduga terjadi.

Baca Juga :  Dandim Kolonel Soumokil Hadiri Peringatan HUT Kota Ambon ke 446

Sementara it,  Danramil 1504-02/Sirimau, Kapten Inf Sudarsono mengungkapkan, kondisi cuaca dalam beberapa hari terakhir memang kurang bersahabat dan saat ini terdapat sejumlah titik longsor di beberapa daerah wilayah binaan, termasuk di kelurahan Batu Meja.

Di sela- sela kegiatan kerja bakti Danramil Sudarsono mengatakan, telah memerintahkan babinsa Batu Meja untuk membantu korban yang terdampak longsor bersama instansi lain dan tentunya dibantu warga sekitar.

Menurutnya, kegiatan kerja bakti tersebut merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. Ia berharap kehadiran anggota TNI membuat warga desa semakin antusias dan bersemangat dalam bekerja.

“Koramil 02/Sirimau terus bersinergi dan selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam membantu menangani bencana alam yang terjadi di wilayah Koramil 02/Sirimau,” tandasnya.

Penulis: Katie Mailoa

 

News Feed