oleh

Pengurus Vacum, Ram-Lucky Sah Pimpin APDESI Sulut

Manado, Fajarmanado.com – Gegara hampir enam tahun pengurusnya vacum, akhirnya Ram Makagiansar, SSos  dan Lucky Kasenda, SE mendapat mandat memimpin Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sulawesi Utara (Sulut).

Menyusul kepercayaan yang diberikan peserta workshop Nasional Peningkatan Kapasitas Manjemen Pemerintah Desa Sulut di Manado 19-21 Juni 2021, duet Ram-Lucky menerima surat keputusan (SK) DPP APDESI sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sementara Ketua dan Sekretaris DPD APDESI Sulut.

Mandat tersebut tertuang dalam SK tertanggal 24 Juni 2021 yang diteken oleh Ketua DPP APDESI Dr. H. Sindawa Tarang, SH, MM, MH dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP APDESI, Agung Heri Susanto, ST.

Sementara bendahara diembankan kepada Rio SP Rindengan, SSos, MA, sedangkan anggota kepada  Rolex Tatunoh dan Jok Lomban, SH.

Pengurus DPD APDESI Sulut yang diketuai Ram ini dinyatakan berlaku sampai tanggal 31 September 2021 sejak ditetapkan pada 24 Juni 2021.

Selang 13 Minggu ke depan, sesuai SK tersebut, Ram Cs diberi mandat untuk berkoordinasi dengan semua DPC APDESI dan atau perwakilan kepala desa dari kabupaten se Provinsi Sulut untuk menyusun kepengurusan DPD APDESI Sulut.

Baca Juga :  Dukung Pemerintah, GAMKI Sulut Bersama Polda dan IAKN Gelar Vaksinasi

Dikonfirmasi melalui jaringan telepon, Ram membenarkan keabsahan SK DPP APDESI tersebut.

“Oh.. iya. SK itu memang benar adanya untuk memenuhi asas legalitas sesuai mandat workshop di Manado baru-baru ini,” komentar Ram kepada Fajarmanado.com, Jumat (25/6/2021).

Hukum Tua (Kumtua), sebutan khas Kepala Desa (Kades) Kolongan Atas, Sonder, Minahasa ini membenarkan bahwa Plt Sementara DPD APDESI Sulut ini diembankan tugas untuk menggelar musyawarah daerah (Musda) pemilihan pengurus DPD APDESI Sulut.

“Karena pengurus DPD APDESI Sulut tidak lagi ada kegiatan beberapa tahun terakhir, maka DPP menugaskan kami untuk mempersiapkan dan menggelar pemilihan,” ujarnya.

Berbagai langkah persiapan, kata Ram, kini tengah dilakukan, bahkan semakin dimatangkan.

“Minggu depan kami akan melakukan rapat koordinasi dengan pengurus DPC APDESI se Sulut di Manado. Tolong bantu doa agar dapat dilaksanakan dan berjalan sesuai dengan rencana,” ujar pria yang sangat dikenal sebagai wartawan senior ini.

Baca Juga :  Dukung Pemerintah, GAMKI Sulut Bersama Polda dan IAKN Gelar Vaksinasi

Seperti diketahui, APDESI adalah organisasi profesi berbentuk kesatuan dengan ruang lingkup nasional, berdaulat dan mandiri, atas dasar kesamaan kegiatan, profesi di bidang pemerintah desa, serta pembangunan pedesaan.

Berdiri sejak 15 Mei 2005 di Jakarta, APDESI  beranggotakan Kepala Desa, baik yang Aktif maupun yang Purna Bakti dan ingin memperjuangkan kemakmuran dan kesejahteraan pemerintah dan masyarakat desa.

Oleh karena itu, APDESI mengemban visi untuk terwujudnya Pemerintah dan Masyarakat desa yang Maju, Adil, Sejahtera,Profesional dan Demokratis.

Sementara ada lima poin yang menjadi misi APDESI.

Pertama, Mengembangkan prinsip demokratis dalam memajukan kelembagaan organisasi.

Kedua, Meningkatkan profesionalisme pengurus dan mensejahterakan anggota.

Ketiga, Menjalin kemitraan dengan pemerintah dan lembaga-lembaga non pemerintah dalam rangka percepatan pemberdayaan dan pembangunan desa.

Keempat, Mengembangkan konsep akuntabilitas organsasi baik secara internal maupun eksternal.

Kelima, Memperkuat posisi dan eksistensi desa sebagai pondasi pemerintahan di Indonesia.

Penulis: Maxi Heru

 

News Feed