BPOM Intens Lakukan Pengawasan Obat dan Makanan yang Beredar di Maluku

Ambon, Fajarmanado.com – Badan Pegawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Ambon menyatakan terus intens melakukan pengawasan. Apalagi, menghadapi hari Raya keagamaan seperti Idul Fitri.

Kepala BPOM Ambon, Dra. Hariani, APT mengatakan, dalam upaya menjamin kelaikan dan kehalalan peredaran obat dan makanan menghadapi bulan puasa dan Idul Fitri 1442 Hijriah, BPOM tetap terus melakukan operasi pengawasan.

Bahkan, sepekan menjelang dan setelah perayaan Idul Fitri,  pengawasan semakin ditingkatkan.

“Mulai dari H-7 sebelum Idul Fitri sampai dengan H+7 idul Fitri, kami tak henti melakukan pengawasan,” katanya dalam konferensi di Kota Ambon, Senin (10/5/2021).

Sesuai jadwal dalam tahun 2021 ini, katanya, BPOM melakukan pengawasan dari tanggal 2 Januari sampai dengan tanggal 31 Desember mendatang.

Menurutnya, BPOM Kota Ambon tidak hanya melakukan pengawasan di Kota Ambon tapi juga di kabupaten lainnya di Provinsi Maluku.

Pengawasan dilakukan terhadap distributor, pasar modern, retail tradisional, toko, dan kios-kios.

“Intensitas pengawasan pangan lebih utama kami lakukan di bulan Ramadhan karena permintaan pangan lebih besar dari pada komoditi lain, seperti make up dan lain-lain,” jelas Hariani.

Ia menjelaskan bahwa pengawasan dilakukan di sembilan kabupaten dan 147 sarana.

Berdasarkan hasil inspeksi dari BPOM bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag), ada temuan enam sarana dengan 2.062 item yang sub standar.

“Itu (ditemukan) dari tanggal kedaluwarsa dan tidak ada nomor ijin BPOM,” papar Hariani.

Mengenai pengawasan takjil, dilakukan bukan hanya di Kota Ambon tapi juga di kabupaten lainnya.

“(Hasilnya) ada 170 item yang diuji dan hasilnya negatif. Tidak mengandung zat beracun.
Dari hasil uji laboratorium terdapat bakteri E-coli, dan salmonela di dalam takjil yang berupa minuman sirup.
Di 23 sampel ada 20 sampel yang terdapat bakteri E coli dan negatif bakteri yang lainnya. Sebut Hariani,” ungkap seraya mengungkapkan bahwa semua itu telah ditindaklanjuti.

Penulis: Katie Mailoa