oleh

Pangdam Jeffry Terima 18 Senjata Rakitan, 1 Magazin dan 16 Peluru

Ambon, Fajarmanado.com – TNI terus berupaya mengumpulkan senjata rakitan maupun senjata organik dan amunisi pasca konflik horizontal di Maluku pada tahun 1999 dan 2000.

Berbagai cara persuasif tak henti dilakukan oleh para prajurit sehingga terus membuahkan hasil.

Kali ini, 18 pucuk senjata rakitan, satu magazin dan 16 butir peluru diserahkan secara sukarela oleh masyarakat kepada jajaran Rimdam XVI/Pattimura.

Faktanya, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin menerima 18 pucuk senjata rakitan, 1 buah Magazen dan 16 butir amunisi tersebut dari Danrindam XVI/Pattimura Kolonel Inf R. Dwi Tjahjo Harsono, SE, MSi di Lapangan Rindam XVI/Pattimura usai Penutupan Pendidikan Tamtama TNI AD Gelombang II Tahun Anggaran. 2020, Sabtu (10/4/2021).

Baca Juga :  Peduli Umat Muslim, Kapolda Refdi Serahkan Bingkisan Lebaran

Senjata, magazin dan peluru tersebut diperoleh melalui pembinaan teritorial (Binter) prajurit Rindam kepada masyarakat di wilayah binaannya.

Tanpa paksaan masyarakat sadar dan menyerahkan dengan sukarela.

Diperkirakan senjata tersebut merupakan sisa pasca konflik horizontal di Maluku sekitar tahun 1999-2000.

Dengan perolehan senjata dan amunisi tersebut, Pangdam Jefry memberikan respon positif kepada Danrindam dan jajarannya, karena di luar dari tugas pokoknya sebagai satuan pencetak prajurit bintara dan tamtama, juga mampu melaksanakan kegiatan binter terbatas.

Baca Juga :  Lewat YKB Maluku, BRI Salurkan 800 Paket Sembako

“Terbukti, bisa memperoleh senjata dan amunisi dari masyarakat secara sukarela,” ujarnya.

Sampai dengan saat ini, Kodam XVI/Pattimura tercatat berhasil mengumpulkan 106 pucuk senjata, terdiri dari 6 pucuk senjata organik dan 100 pucuk senjata rakitan, sedangkan amunisi sebanyak 252 butir campuran.

Penulis: Katie Mailoa

 

News Feed