oleh

Dinas Sosial PMD Minut Tuntaskan Bimtek Sikeudes

Airmadidi,Fajarmanado.com – Dinas Sosial dan Pemerintahan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) akhirnya menuntaskan pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) tata kelola keuangan desa dengan aplikasi Sistem Keuanga Desa (Siskeudes). Bimtek yang dibagi empat gelombang tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pemerintah desa dalam menginput Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) kedalam aplikasi Siskeudes.

Kepala dinas Sosial PMD Minahasa Utara Alpret Pusungulaa mengatakan, pelakasanaan Bimtek ini sangat penting guna memberikan pemahaman kepada pemerintah desa terkait  tata kelola keuangan desa dengan aplikasi Siskeudes sebab anggaran yang diberikan harus dipertanggung jawabkan sesuai dengan aturan. Dibawah pemerintaha Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung meminta agar setiap desa harus mengetahui dan menggunakan Siskeudes dengan benar.

“Bimtek ini wajib diselenggarakan dalam upaya meningkatkan kemandirian Pemerintah Desa sesuai undang-undang nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa. Tujuannya meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan penatausahaan dan penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan desa serta penyampaiannya sesuai peraturan yang berlaku,” kata Pusungulaa, Sabtu (20/3).

Lebih lanjut Pusungulaa mengatakan, Penerapan aplikasi Siskeudes pada proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pelaporan keuangan desa diharapkan akan memberikan kemudahan kepada Pemerintah Desa dalam menyusun rencana anggaran dan belanja desa serta penyusunan laporan keuangan desa.

Sementara Sekretaris Daerah Minahasa Utara Jimmy Kuhu dalam arahannya mengingatkan pemerintah desa untuk menggunakan anggaran sesuai aturan dan peruntukan. Selain itu penyelenggaraan pemerintah desa harus mampu mewujudkan peran aktif masyarakat yang bertujuan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

“Pengelolaan keuangan desa harus dilaksanakan secara transparan, akuntabel, partisipatif, serta dilakukan dengan tertib dan displin anggaran” terang Kuhu.

Kegiatan yang difasilitas Dinas Sosial PMD ini menghadirkan narasumber yang berkompeten dan berkaitan dengan pemerintah desa, seperti Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulut, Kapolres, Kejaksaan Negeri dan Inspektorat serta beberapa narasumber berkompeten yang berkaitan dengan pemerintah desa.(Joel)

News Feed