oleh

Covid 19 di Minahasa Kian Terkendali, ROR: Jangan Lengah

Tondano, Fajarmanado.com – Perkembangan kasus penyebaran Coronavirus Disease 2019 atau Covid 19 di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara diklaim kian terkendali. 

Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi mengatakan, makin terkendali karena perkembangan kasus Covid 19, khususnya dalam dua pekan terakhir menunjukkan trend penurunan yang sangat drastis.

“Dalam dua pekan terakhir, yang terkonfirmasi positif Covid 19 menurun drastis. Bahkan, sudah benerapa hari terakhir tidak ada kasus samasekali,” kata ROR, sapaan karib Bupati Minahasa melalui Asisten Satu Setdakab Minahasa, Dr. Denny Mangala, MSi, Jumat (5/3/2021) siang.

Seiring dengan itu,  lanjut dia, pasien Virus Corona yang sembuh juga menunjukkan trend positif, mencapai angka 94.7 % atau 1.728 dari total yang terkonfirmasi positif yakni 1.824 orang.

Baca Juga :  Melibatkan 1.746 Peserta, ROR: SMSI GMIM Siap Digelar Virtual di 56 Cluster

“Sementara yang dirawat menurun cukup signifikan pula, dimana pada tanggal 31 Januari 2021 sebanyak 217 dan pada tanggal 4 Maret tinggal 17 orang,” jelasnya seusai menghadiri pelantikan 32 pejabat di Benteng Moraya Tondano.

Meski demikian, Mangala bilang, sesuai petunjuk Bupati ROR, Perkembangan poSitif ini tetap harus dicermati secara bijaksana dan jangan lengah.

Karena itu, masyarakat,  khususnya di Kabupaten Minahasa agar tetap mematuhi anjuran pemerintah untuk menerapka 5 M dalam setiap akrivitas keseharian.

“Yaitu menggunakan masker, Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” jelasnya.

Disinggung soal vaksinasi Covid 19, Mangala mengatakan, terus berjalan sesuai jadwal sampai saat ini.

“Hari ini kita ketambahan seribu (vial) vaksin yang sesuai rencana akan difokuskan kepada para pedagang di pasar, para tokoh agama dan bahkan ASN yang sehari harinya berhadapan langsung dengan public service,” ungkapnya.

Baca Juga :  Polda Maluku Duduk Bacirita Soal Vaksinasi Covid 19

Menurut Mangala, Bupati dan Wakil Bupati beserta Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK serta Pimpinan DPRD sudah memberikan contoh disuntik vaksin sinovac.

“Sampai saat ini seluruh yang divaksin di Minahasa tidak ada efek samping. Artinya, vaksin ini aman dari sisi kesehatan,” ucapnya.

Untuk itulah, lanjut Mangala, Bupati ROR mengharapkan untuk vaksin tahap 2 ini, warga yang berprofesi pedagang di pasar dan para pimpinan agama tidak perlu kuatir karena vaksin sinovac ini aman dan halal.

“Jadi tidak ada yang perlu dikuatirkan,” tandas Manggala.

Penulis: Jefry Uno

Editor : Herly Umbas

News Feed