oleh

Disemayamkan Semalam di Kawangkoan, Pemakaman SHS Diundur

Kawangkoan, Fajarmanado.comRundown penjemputan dan pemakaman almarhum Dr. Drs. Sinyo Harry Sarundajang, Dubes luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) RI untuk Filipina merangkap Kepulauan Marshall dan Republik Palau kemungkinan besar kembali berubah.

Revisi dilakukan atas permintaan Keluarga Besar SHS, sapaan akrab almarhum yang juga mantan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) periode 2005-2010 dan 2010-2015 ini.

Dalam pertemuan khusus Keluarga Sarundajang Laoh Tanbuwun di kediaman, Jalan Temboan No. 69 Kelurahan Winangun II, Kecamatan Malalayang, Kota Manado pada Selasa (16/2/2021), dini pagi tadi, ternyata merenspons permintaan warga sekampung halaman almarhum, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa untuk disemayamkan semalam di lokasi pemakaman.

Persemayaman pun disepakati dilakukan di lokasi kompleks pekuburan keluarga almarhum, Keluarga Sarundajang Laoh Tambuwun di eks Kampus Institut teknologi Minaesa (ITM).

“Ya, satu malam di semayamkan di sini. Itu kesepakatan keluarga dini pagi tadi,” kata Ronni Sarundajang Lumowa, SSos MSi kepada Fajarmanado.com, siang tadi.

Kesepakatan keluarga itu pun disampaikan Ronni Lumowa, keluarga dekat almarhum, kepada Asisten Dua Setdakab Minahasa, Dr. Denny Mangala, MSi, Dandim 1302 Minahasa Letkol Andi Sinaga dan Waka Polres Minahasa, Kompol Achmad Sutrisno, Kadis Kesehatan dr. Maya Rambitan, MKes, Kasat Pol PP Meidy Rengkuan, SH, MAP serta Camat Tompaso Barat Stefi Pandey dan Tompaso Stenly Umboh.

“Kalau begitu permintaan keluarga, kami di sini tetap siap menunggu petunjuk pemprov (Sulut),” komentar Denny Mangala, yang diiakan Dandim Andi Sinaga dan Waka Polres Achmad Sutrisno.

Jenazah almarhum SHS -yang meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Jakarta pada hari Sabtu, 13 Februari 2021 sekitar pukul 01.40 Wita –ini, dipastikan dikebumikan pekuburan keluarga yang hanya berjarak sekira 250 meter sebelah timur Patung Yesus Kristus Kawangkoan di Puncak Bukit Emung.

Di kaki bukit sisi Selatan akses jalan masuk menuju Patung Yesus Kristus yang masuk wilayah kepolisian Desa Tompaso Dua Utara, Kecamatan Tompaso Barat itu, kini tengah dilakukan penggalian lubang untuk tempat pemakanan SHS.

Dinaungi tenda, penggalian ikut diarahkan Asisten Dua Denny Manggala sambil berkoordinasi dengan TNI Polri untuk menata tempat duduk keluarga dan tamu.

“Akan ada 20 tenda yang dipasang nanti. Jadi, sesuai protokok kesehatan, hanya sekitar 400 pelayat yang bisa masuk,” kata Mangala, yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Minahasa.

“Kita sepakat saja. Kalau semua tempat duduk sudah terisi, gerbang langsung ditutup. Tidak ada lagi yang boleh masuk, kecuali para pejabat yang sudah disediakan khusus kursi yang diberi tanda,” sambung, diamini Dandim dan Waka Polres.

Rundown tentatif acara penjemputan, persemayaman dan pemakaman SHS, sang pendamai konflik horisontal di Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara ini, menyebutkan pemakaman berlangsung hari Kamis, 18 Februari 2021.

Diawali dengan ibadah dipimpin Pucuk Pimpinan (PP) KGPM pada pukul 16.00 Wita, kemudian pemakaman secara militer yang diatur Korem 131 Santiago.

Meskipun jadwal agar sedikit molor dari rencana, namun jenazah SHS tiba di kediaman keluarga, Jalan Temboan No. 69 Kelurahan Winangun II, Kecamatan Malalayang, Kota Manado sekitar pukul 15.00 Wita pada Senin, 15 Februari.

Di bandara Sam Ratulangi Manado, jenazah dijemput secara militer  oleh Kodim 1309 Manado, kemudian dikawal menuju VIP Bandara Pemda dan diijemput Sekprov dan pejabat terkait secara terbatas, serta Pucuk Pimpinan KGPM di VVIP.

seusai ibadah yang dipimpin PP KGPM barulah jenazah dilepas dengan Penghormatan Militer menuju kediaman keluarga.

Selang dua hari kemudian, Selasa dan Rabu, besok, ibadah penghiburan dilakukan silih berganti, baik oleh organisasi keagamaan maupun jajaran pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota. Kali ini dikoordinasikan bersama oleh Bamag dan PP KGPM.

Pada Kamis, 18 Februari, ibadah pemakaman di rumah duka dijadwalkan berlangsung selang pukul 08.00-09.00 Wita dipimpin PP KGPM.

Selanjutnya, pukul 09.00-10.00 Wita, jenazah dibawa ke Kantor PP KPGM di Kelurahan Malalayang Satu untuk acara persemayaman.

Pukul 10.00 – 11.00 Wita rombongan jenazah menuju Kantor Gubernur Sulut di Kelurahan Teling Atas untuk acara persemayaman.

Pukul 11.00 – 11.30 rombongan Jenazah menuju Kantor Wali Kota Manado di Kelurahan Tikala Ares untuk acara persemayaman.

Pukul 13.00 – 15.00 Wita rombongan Jenazah menuju Kantor Bupati Minahasa di Kelurahan Tounkuramber untuk acara persemayaman.

Pukul 15.00 – 16.00 Wita rombongan Jenazah menuju Tempat Pekuburan Keluarga di Desa Tompaso Dua Utara Kecamatan Tompaso Barat, Kabupaten Minahasa.

Pukul 16.00 – 17.00 Ibadah di Ladang Pekuburan Keluarga dipimpin PP KGPM, dilanjutkan Upacara Militer oleh Korem 131/Santiago.

“Jadi permintaan keluarga, jenazah Bapak akan disemayamkan satu malam di sini, nanti dikebumikan besoknya atau hari Jumat nanti,” ujar Ronni Lumowa lagi.

Penulis: Herly Umbas

 

News Feed