oleh

Desa Ini Desa Pertama di Mitra yang Melakukan Pencairan Dana Desa Tahun 2021

Belang, Fajarmanado.com – Program pemberian dana desa di seluruh desa turut dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat, tak terkecuali warga di Desa Ponosakan Indah, Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Desa Ponosakan Indah tercatat sebagai desa pertama yang ada di Kabupaten Mitra yang melakukan pencairan Dana Desa Tahap Pertama di Tahun 2021.

Pemerintah Desa (Pemdes) Ponosakan Indah memberi apresiasi program pemerintah dalam pemerataan peningkatan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di pelosok Tanah Air. Di antaranya melalui program dana desa.

Pasalnya, penyerapan anggaran dana desa dinilai efektif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal itu diungkapkan Hukum Tua Desa Ponosakan Indah Silvia Bokingo kepada Media Sabtu (13/2/2021) di sela sela kegiatan pembuatan drainase tertutup di jaga 3 desa tersebut.

Bokingo menilai dana desa yang digelontorkan pemerintah saat ini sangat membantu masyarakat melakukan kegiatan ekonomi. Misalnya, digunakan untuk pemberdayaan masyarakat dan dan pembuatan sarana dan prasarana infrastruktur desa.

Baca Juga :  DPRD Mitra Sukses Gelar Paripurna RPJMD

“Kami sangat merasakan manfaat dana desa. Karena mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di desa. Selain itu, dapat memberdayakan masyarakat desa melalui program swakelola. Di antaranya pembuatan sarana prasarana jalan, pembuatan drainase tertutup, dan peningkatan ekonomi mikro,” kata Bokingo.

Sementara itu Sekretaris Desa Ponosakan Indah Defry Tiow juga mendukung penuh program pemerintah terkait peningkatan pembangunan desa. Dengan andanya dana desa, kini terjadi pemerataan pembangunan di pelosok pelosok desa.

“Kami akan mendukung program pemerintah,terus mendorong untuk peningkatan kapasitas pembangunan desa, melalui program-program pemerintahan desa yang masuk ke desa,” ujarnya.Ke depan ia berharap, dana desa terus ditingkatkan. Walaupun pada prosesnya nanti perlu tahapan-tahapan dan tidak bisa sekaligus.

Baca Juga :  Kumabal, Oknum Kades Direkom Non Aktif Sementara

Tiow juga Berharap kepada Semua Masyarakat Yang di desa Ponosakan Indah untuk bekerjasama dalam membangun desa yang kita cintai Bersama.

“Mari Kita bergandengan tangan bersama dalam membangun dan memajukan Desa Ponosakan yang Lebih Hebat Dan Lebih Sejahtera,” Tutup Tiow.

Sementara Kepala Kecamatan Belang Munira Bin Ali Mengapresiasi kepada pemerintah desa Ponosakan Indah.

“Saya Selaku Pemerintah Kecamatan Belang mengapresiasi kepada seluruh jajaran yang di desa Ponosakan Indah yang sudah sudah bekerja memberi diri dalam menyiapkan semua dokumen administrasi dana desa, sehingga desa Ponosakan Indah, desa pertama di Kabupaten Mitra melakukan pencairan dana desa tahun 2021,” papar Munira.

Penulis : Didi Gara

News Feed