oleh

Bupati Sumendap Copot Legi dari Jabatannya

Ratahan, Fajarmanado.com – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap, SH kembali mengkonretkan sikap tegasnya.

Kali ini, Bupati JS, sapaan akrab politisi PDI Perjuangan ini, mencopot Novi Legi dari jabatan Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Mitra.

Penonaktifan Novi Legi dari jabatan eselon dua itu berlangsung pada Selasa (26/1/2021).

“Hari ini saya telah mencopot Kadis Perkim. Alasannya tidak peka mengurus lampu jalan, lebih khusus di Kota Ratahan,” tegasnya di Ratahan.

Jabatan yang ditinggalkan Novi Legi diserahkan kepada Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setdakab Mitra, Drs. Frits Mokorimban sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Baca Juga :  Ini Yang Di Ingatkan Hukum Tua Suaid Baso

Surat perintah Plt. Kadis Perkim tersebut diserahkan Wakil Bupati Jesaya Legi kepada Mokorimban disaksikan Sekda David Lalandos, AP, MM.

Langkah tegas JS ini terkait dengan dicanangkannya program ‘Mitra Melaju 21’. Artinya, semua harus lebih responsif, lebih cepat bahkan berlari dalam melaksanakan tugas.

JS pun mewarning pejabat perangkat daerah, agar bekerja lebih konsisten dan terus membangun koordinasi serta sinergitas dalam pelaksanaan tugas.

“Ini harus menjadi perhatian saudara pejabat eselon II, eselon III, dan eselon IV,” tandas Bupato Mitra dua periode ini.

Soal alasan pencopotan Novi Legi tersebut, Sekda David Lalandos memaparkan bahwa diduga keras ada unsur kesengajaan pada penanganan program lampu jalan di Kota Ratahan oleh instansi berkompeten, yakni Dinas Perkim.

Baca Juga :  Sumendap Tegaskan Seluruh Pejabat di Lingkungan Pemkab Mitra Wajib Ikut Vaksinasi

“Ada memang sejumlah titik lampu jalan yang mati di atau tidak menyala sehingga pada malam hari di sejumlah jalan tertentu di Kota Ratahan menjadi gelap,” ujarnya.

Menurut Lalandos, pengnonaktifan Novi Legi sebagai Kadis Perkim merupakan bagian pembelajaran agar semua ASN, apalagi pejabat eselon II dan eselon III dapat mengemban tugas pelayanan administrasi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dengan prima.

Penulis : Didi Gara

Editor : Herly Umbas

News Feed