oleh

Sumendap Berang, Sampah Hiasi Area Pemukiman

Manado, Fajarmanado.com –Politisi PDI Perjuangan James Sumendap SH, berang ketika mendapati sampah-sampah menumpuk di ruas jalan wilayah Kanaan, Karombasan, Kota Manado, Selasa 25 Januari 2021.

JS, sapaan akrab pria dikenal sebagai Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) ini mengkritisi kinerja aparat pemerintah mulai dari kepala lingkungan, lurah hingga walikota yang tidak becus dalam penanganan masalah sampah di kawasan pemukiman warga.

“Lingkungan inikan lingkungan asri, nimbole buang-buang sampah sembarang,” sembur Sumendap dihadapan sejumlah warga.

Tak mau melihat kondisi lingkungan sekitar diahisasi sampah, Sumendap langsung mengerahkan satu unit alat berat, kemudian mengoperasikannya sendiri dan membersihkan seluruh tumpukan sampah di ruas jalan itu.

“Memang harus disadari juga bahwa ibu lurah tidak kuat, tamang-tamang pala juga tidak kuat. Jadi, tidak boleh di tempat seperti ini, kawasan yang asri ada sampah berserakan. Saya sudah bersihkan semua. Mulai hari ini sudah tidak boleh warga buang sampah sembarang,” tegas Sumendap.

Tidak sampai di situ, JS sapaan akrab bupati Mitra dua periode ini mempertanyakan kinerja Walikota Manado. “Kalo area pemukiman ada tempat pembuangan sampah begini, walikota model bagimana ngana,” sunggung JS.

Sambung JS, seharusnya mobil sampah yang disiapkan pemerintah kota jemput di lingkungan warga. “Jangan buat kawasan ini jadi TPS (tempat pembuangan sementara), sebab ini jalan. Jadi saya minta jangan buang sampah sembarang. Torang pe turunan mo jadi sampah samua kalo torang sambarang buang sampah,” tutup JS sembari meminta pala menindak tegas orang-orang yang model seperti itu.

Penulis : Didi Gara

News Feed