oleh

Menyebrangi Laut Aru, Danrem Arnold Kunjungi Koramil Terluar di MBD

Ambon, Fajarmanado.com – Danrem 151/Binaiya, Brigjen TNI Arnold AP Ritiauw berunjung dan bertatap muka dengan para prajurit Koramil terluar di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Meski menyebrangi laut Aru, laut terdalam di tanah air ini dengan kapal motor, tak menyurutkan Danrem Arnold melakukan kunjungan kerja (kunker) di wilayah teritorial NKRI yang berbatasan dengan Timor Leste dan Australia, selang tiga hari, akhir pekan lalu.

Danrem Arnold mengawali kunker di Pulau Moa dengan melantik dengan melantik Dandim 1511/Pulau Moa.

Danrem Arnold A.P. Ritiauw kemudian melanjutkan kuker ke jajaran Kodim 1511/Pulau Moa. Di antaranya, Koramil 1511-05/Kisar dan Koramil 1511-06/Wetar. Kunker berlangsung selang Jumat hingga Minggu (16 -17/01/2021)

Turut mendampingi, Kasdim 1511/Pulau Moa Mayor Inf. H. Taborat, Dantim Intelrem 151/Binaiya Kapten Inf. Hendrik. Ulorlo, Pasiter Kodim 1511/Moa, Kapten Inf. Rudi Totomutu, Pasi intel Kodim 1511/Moa, Lettu Inf. Usrin Sanduan, Danramil Wetar Lettun Inf. Laurindo.

Setibanya di pelabuhan pantai Nama di Desa Wonreli Kecamatan Pulau Pulau (PP) Terselatan Kabupaten MBD, Danrem Arnold disambut Danramil 1511-05/Wonreli Kapten Inf. Lerebulan bersama Unsur Muspika dan tokoh agama dan tokoh masyarakat (Toga dan Tomas).

Muspika serta para toga dan tomas tersebut berasal dari dua kecamatan. Yakni, Kecamatan PP Terselatan dan Kecamatan Kisar Utara. Pertemuan menerapkan protokol tetap (protap) kesehatan Covid 19.

Baca Juga :  Cari Bakat Baru, Widya Pratiwi Buka Turnamen Bola Voli Ina Latu Maluku Cup 2021

Setibanya di pelabuhan Nama, Danrem Anold dijemput secara adat dengan pengalungan kain Syal, juga kepada Kasdim 1511/Pulau Moa, Mayor Taborat.

Saat berada, di Makoramil 1511-05/Wonreli, Danrem Arnold bertatap muka dengan anggota koramil dan Ibu Persit serta para toga dan tomas.

Usai ‘berkengkrama’ dengan prajurit, ibu-ibu Persit serta toga dan tomas di Makoramil 1511-05/a Wonreli, pada hari Jumat itu juga Danrem dan rombongan melanjutkan perjalanan laut ke Pulau Wetar.

Menggunakan KM Sabuk Nusantara 34, setibanya di pelabuhan laut Desa Arwala, Kecamatan Wetar Timur, Kabupaten MBD, Danrem dan rombongan berpindah  ke Speed boat Bumdes Arwala, menuju Kec. Ilwaki dan tiba di Kecamatan Ilwaki sekira Pukul 18.00. WIT.

Rombongan di jemput oleh Danramil 1511-06/Wetar, Lettu Caj. Laorindo Dosantos dan disambut pula dengan ritual adat seperti halnya di pulau Kisar. Yakni, pengalungan kain syal.

Saat itu juga, Danrem Arnold dan rombongan menuju Makoramil 1511-06/Wetar, kemudian memberikan pengarahan kepada anggota dan Ibu Persit Koramil 1511-06/Wetar, Anggota Satgas BKO, Yonif 734/SNS dan juga anggota Pos-AL bersama unsur Muspika dan tokoh-tokoh adat Wetar.

Pada kesempatan itu, Danrem Arnold menjelaskan soal program penerimaan anggota TNI.

Dikatakan, anak- anak yang mau masuk tentara harus disiapkan sejak awal sehingga bisa diterima sebagai anggota TNI.

Baca Juga :  Sambut Bulan Puasa, Polres Malteng Bantu Bersihkan Semua Masjid

“Siapa tau kelak mereka bisa jadi pengganti saya, katong bisa bangga kalau ke depan ada Putra daerah MBD bisa jadi Danrem seperti Saya,” paparnya.

Danrem juga mengingatkan kepada para Babinsa untuk mengemban tugas dengan penuh tanggungjawab.

.“Kunci keberhasilan dalam teritorial, sebagai anggota harus rendah hati agar dapat diterima masyarakat,” jelasnya.

Ia pun mengingatkan para prajurit TNI untuk memegang Teguh dan mengaplikasikan motto; “Semangat Profersional dan Rendah hati”.

Kepada anggota Koramil dan Polsek, Danrem mengingatkan pula supaya harus tetap menjaga sinergitas dan selalu bersama dalam menjalankan tugas.

Lebih jauh, Danrem Arnold berpesan kepada masyarakat dan anggota Babinsa supaya harus bisa membina keluarga dan tetap mengawasi pergaulan anak masing-masing agar kelak bisa jadi anak yang berguna bagi bangsa dan Negara.

“Masa depan anak-anak adalah tanggung jawab orang tua,” tandasnya.

Di masa pandemi Covid 19, menurut Danrem Arnold semua pihak harus bisa jaga kesehatan, pola makan dan rajin olah raga agar supaya dapat terhindar dari sakit.

“Dengan kondisi tubuh jasmani dan rohani yang sehat akan dapat menunjang kita semua, para Babinsa dalam melaksanakan tugas sehari hari,” imbuhnya.

Penulis: Katie Mailoa

Editor : Herly Umbas

News Feed