oleh

terjadi Selisih Suara, KPU Skors Pleno Kecamatan Malalayang

Manado, Fajarmanado.com – Pleno perhitungan perolehan suara pasangan calon (paslon) Pilkada Kota Manado untuk Kecamatan Malalayang oleh KPU Kota Manado berlangsung alot.

Adanya perbedaan data perolehan suara menjadi pemicu sehingga KPU Kota Manado bersikap dengan menskors jalannya rekapitulasi suara.

Gelombang aksi protes saksi pasangan calon nomor urut 4, yang ngotot mengacu pada data C1 Kwk, membuat pimpinan sidang pleno kembali menskors jalannya rekapitulasi suara Kecamatan Malalayang sekitar pukul 16.00 wita atau jam 4 sore. Sampai pukul 18.22 wita, saat berita ini dibuat, KPU belum juga membuka kembali skors.

Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor yang dimintai tanggapanya mengatakan, masih menunggu.

“Sabar ya kita koordinasi dengan pak Syahrul sebagai kordinator wilayah PPK Malalyang,” katanya sambil berlalu menuju ruang rapat pleno di Hotel Peninsula Manado, Rabu (16/12/2020).

Informasi yang diperoleh wartawan pada pleno Kecamatan Malalayang tersebut, sebelum skors, kehadiran personil PPK setempat tidak lengkap, yang seharusnya lima personil.

Rapat pleno memang berlangsung alot karena saksi paslon nomor urut 4, Paula-Harley Menang (PAHAM) kerap menemukan kejanggalan jumlah suara yang tidak cocok atau ada selisih di pleno itu.

Taufik Bilfaqih, divisi hubungan masyarakat dan lembaga Bawaslu Kota Manado sebelumnya mengakui dihampir semua kecamatan Kota Manado (di pleno kpu manado) terdapat selisih suara.

(ely/ton) 

News Feed