oleh

Temui Forkopimda dan Elemen Masyarakat di Bursel, Ini Pesan Kapolda Refdi Andri

Namrole, Fajarmanado.com – Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, MSi terus melakukan safari kunjungan ke daerah-daerah pelaksana Pilkada di Provinsi Maluku. Kali ini, di Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

Mantan Kaporlantas Polri itu terbang dari Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), kemudian langsung bertatap muka dengan Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat, tokoh agama, pemuda dan tokoh adat di Kantor KPU Bursel, Kota Namrole, Jumat (4/12/2020).

Dalam Kunjungan kerjanya, sebagaimana di Tiakur, MBD, Refdi memantau kesiapan pengamanan penyelenggara Pilkada serentak 2020. Kapolda didampingi Karo Operasional, Direktur Intelkam, dan Kabid Dokkes Polda Maluku.

Turut hadir dalam pertemuan yang berlangsung sekira pukul 14.30 WIT tesebut, Bupati Buru Selatan, Kapolres Pulau Buru, Dandim 1506 Namlea, Danyon Infanteri 1501 Kabaresi, Ketua KPU, dan Ketua Bawaslu dan para Komisioner masing-masing, serta para Kepala-Kepala Desa di Bursel.

Kapolda Refdi menyampaikan Pilkada saat ini berbeda dengan yang sebelumnya. Ini disebabkan adanya pandemi Covid 19. Bencana non alam global itu menjadi perhatian bersama di seluruh dunia.

Baca Juga :  Terima Andi Nurka, Ini Pesan Kapolda Refdi Kepada Kakanwil Kemenkumham Maluku

“Yang membedakan pilkada tahun ini (dengan pilkada tahun-tahun sebelumnya) adalah bagaimana terselenggaranya juga protokol kesehatan,” ujarnya.

Jenderal bintang dua Polri ini selanjutnya meminta semua pihak fokus dengan pelaksanaan Pilkada. Refdi berharap Pilkada bisa berjalan lancar, aman, tertib, jujur, adil dan bermartabat.

“Pilkada ini tidak akan terselenggara dengan baik tanpa adanya anggaran yang memadai. Sehingga diharapkan hasil dari Pilkada bisa bertujuan untuk memajukan daerah,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Refdi juga menyampaikan terimakasih kepada KPU dan Bawaslu yang sudah bekerja keras.

“Tanpa adanya perencanaan dan persiapan dari KPU maka tidak akan terselenggara pilkada sampai sejauh ini. Bawaslu juga yang telah menyiapkan pengawasan-pengawasan yang baik dalam proses ini,” sebutnya.

Mengingat Pilkada diselenggarakan di tengah Covid 19, mantan Wakapolda Sulawesi Utara ini meminta Pimpinan Partai, Pasangan Calon, Simpatisan, dan Kader agar bisa menjadi panutan dalam penerapan protokol kesehatan.

“Bagaimana tertibnya mereka dalam protokol kesehatan dan juga taat hukum dan tertib, dapat memberikan contoh yang baik kepada simpatisannya dan masa pendukungnya,” pintanya.

Baca Juga :  Kapolda Maluku Menghadiri Peresmian Gedung Devisi Humas Polri

“Animo masyarakat dalam menyambut pesta demokrasi juga harus dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga keamanan dan ketertiban,” ujarnya.

Refdi juga meminta TNI, Polri dan Linmas agar senantiasa bersinergi dalam memainkan perannya sebagai aparat pengamanan.

“Khusus untuk Kapolres dan Wakapolres serta Dandim dan Kasdim, kiranya bergantian untuk bermarkas di Namrole untuk melakukan pengawasan pengamanan Pilkada di Buru Selatan,” pintanya.

Refdi kembali menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan. Baginya, hal itu sangatlah penting, bahkan menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan dalam penyelenggaran Pilkada.

Pada kesempatan itu, Kapolda menyampaikan terima kasih kepada Bupati Buru Selatan yang sudah menyiapkan lahan untuk TNI dan Polri.

“Lahan ini akan digunakan untuk pembangunan markas baru,” kata Refdi.

Selain itu, kedepannya juga sudah disiapkan kantor Bupati. Sehingga siapa yang nantinya mengisi kantor-kantor baru, baik Polri, TNI dan Pemerintahan adalah putra daerah.

“Putra daerah akan mengisi kantor-kantor itu, yang telah kita siapkan local job for the local boy,” terangnya.

Penulis: Kate Mailoa

 

News Feed